Belum Siap tapi Mau Tidak Mau Lakukan UNBK Pertama di Rayon 12

Zulkarnain menjelaskan, meski sudah menjalankan UNBK, sebenarnya sekolah ia pimpin belum siap betul untuk menjalankan sistem ujian ini.

Belum Siap tapi Mau Tidak Mau Lakukan UNBK Pertama di Rayon 12
Tribunsumsel.com/Slamet Teguh Rahayu
Suasana UNBK di SMA PGRI 1 Palembang. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Slamet Teguh Rahayu

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Palembang, M Zulkarnain mengatakan, jika sekolah yang dipimpinnya merupakan satu-satunya sekolah di rayon 12 yang melaksanakan UNBK.

"Ada 8 sekolah di rayon 12 ini. SMA Negeri 12, SMA Negeri 20, SMA Syahyakirti, SMA Bina Lestari, SMA Teladan, SMA Muhammadiyah 8, dan SMA Diponegoro. Dari semua itu hanya kita yang melaksanakan UNBK," ungkapnya saat dibincangi Tribunsumsel, Selasa (11/4/2017).

Zulkarnain menjelaskan, meski sudah menjalankan UNBK, sebenarnya sekolah ia pimpin belum siap betul untuk menjalankan sistem ujian ini.

Namun, karena sekolahnya sudah terdaftar di Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), membuatnya mau tidak mau harus siap menjalankan sistem UNBK.

"Siswa kita mengikuti ujian ini ada 40 siswa. PC kita hanya ada beberapa, sisanya dibantu laptop. Jadi totalnya ada 20 unit komputer yang bisa digunakan dengan tujuh cadangan. Kita juga hanya gunakan satu ruang, jadi siswa ini dibagi dua ujiannya," tegasnya.

Untuk mengatasi hal-hal yang tak diinginkan seperti listrik, Zulkarnain mengaku sudah menyiapkan genset.

Sedangkan untuk mengatasi masalah server, sekolah telah menyiapkan tim teknik informasi.

"Sebenarnya memang lebih enak UNBK, lebih simpel, tapi memang dilema juga, karena nilai anak-anak biasanya lebih kecil saat mengikuti ujian UNBK dibanding UNKP (Ujian Nasional Kertas Pensil). Namun itu tidak terlalu berpengaruh, karena hasil kelulusan ditentukan oleh sekolah," katanya.

Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved