Perkembangan Kabupaten PALI

Petani di PALI Sekarang Bisa Jual Sawit dan Pinjam Uang di Koperasi

Dengan adanya koperasi itu, petani bisa melakukan simpan pinjam uang untuk keperluan petani sawit, dan bisa menjual TBS di koperasi.

Petani di PALI Sekarang Bisa Jual Sawit dan Pinjam Uang di Koperasi
Tribunsumsel.com/ Ari Wibowo
Kepala Dinas Koperasi dan UKM PALI, Usman Gumanti, saat meresmikan KPSB. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ariwibowo

TRIBUNSUMSEL.COM,PALI- Dibukanya Koperasi PALI Sejahtera Bersama(KPSB) diharapkan dapat membantu petani sawit di Bumi Serepat Serasan.

Dengan adanya koperasi itu, petani bisa melakukan simpan pinjam uang untuk keperluan petani sawit, dan bisa menjual TBS di koperasi.

Ketua KPSB Sukarni mengatakan didirikan koperasi untuk membeli Tandan Buah Sawit (TBS) dengan harga TBS di tingkat pasaran.

Selain itu juga pihak bisa meminjamkan uang kepada petani sawit dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, diantaranya memiliki kebun sawit.

"Tujuannya KPSB membantu petani sawit. Petani sawit bisa menjual TBS di koperasi ini, dengan harga yang sesuai," kata Sukarni, Kamis(2/3/2017)

Ia mengatakan, setiap tiga hari sekali harga TBS berubah, untuk saat ini harganya berkisaran diantaranya Rp 1500 sampai Rp 1600 perkilogram.

"Kalau kita beli TBS dari warga Rp 1500 sampai Rp 1600 perkilogram TBS dan angka itu, tiga hari berubah sesuai dengan harga sawit di pabrik, kita juga bisa membeli TBS langsung memetik, untuk harga sesuai dengan kesepakatan petani," ujar Sukarni, didampingi wakil ketua KPSB Sisyadi, dalam acara pembuka KPSB yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) PALI Robby Kurniawan.

Ditambahkan kepala Dinas Koperasi dan UKM Usman Gumanti mengapresiasi dibuka KPSB untuk membeli TBS, dengan dibukanya koperasi bisa membantu petani sawit dengan harga pasaran.

"Sebanyak 60 koperasi di PALI yang diwarisi oleh Muara Enim, dan tahun 2016 itu, ada 40 yang sudah dibuat akte, di PALI baru pertama ada koperasi yang membeli sawit kepada petani, untuk koperasi pembelian karet sudah ada," kata Usman.

Penulis: Ari Wibowo
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved