Dapat Bantuan Setengah Juta Dollar, Sumsel Bakal Ubah Lahan Gambut Jadi Lahan Produktif

Dana yang terkumpul saat ini 125 juta Dollar, dan dikombinasikan bersama dana investasi totalnya menjadi setengah miliar dollar.

Dapat Bantuan Setengah Juta Dollar, Sumsel Bakal Ubah Lahan Gambut Jadi Lahan Produktif
Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin menerima Kepala Badan Restorasi Gambut RI Nazir Foead di Griya Agung, Rabu (08/02/2017). 

PALEMBANG- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin menerima Kepala Badan Restorasi Gambut RI Nazir Foead di Griya Agung, Rabu (08/02/2017).

Adapun kedatangan Nazir Foead ke  Sumsel melaporkan bahwa Indonesia mendapat bantuan dana hibah sekaligus investasi, yang dimana Sumsel menjadi salah satu provinsi yang berkesempatan mendapat restorasi lahan gambut. 

Atas diberikannya kesempatan merestorasi lahan gambut di Sumsel, Gubernur Sumsel menyambut baik kesempatan ini, ditambahlagi kalau dilihat dari tujuanya yang sangat baik sekali untuk petani di Sumsel dalam membudidayakan lahan gambut.

Dikatakan Alex, Sumsel itu tempat yang tepat untuk budi daya lahan gambut, mengingat 2015 terjadi kebakaran hutan dan lahan,Sumsel 2016 surplus beras 2,5 juta ton.

Apalagi kalau ada dana hibah sekaligus investasi diberikan ke Sumsel bisa saja 4 juta ton surplus beras.

Tentu saja untuk pemakaian dananya akan digunakan sebaik mungkin.

“Kalau dana itu diserahkan di Sumsel akan ada dua tujuan yang diperoleh antara lain, mencegah kebakaran lahan yang terlantar, bukan tidak mungkin lahan menjadi produktif, dan produksi beras meningkat, bisa saja 2017 surplus beras melonjak hingga 4 juta ton,” terangnya

Lanjut Alex, tak hanya itu saja kalau restorasi lahan gambut itu terjadi di Sumsel tentu saja salah satu bentuk yang mampu mewujudkan pecegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel.

Pemerintah Provinsi Sumsel terus berupaya mencegah karhutla, mengingat di tahun 2017 ini kemarau lebih panas dan lebih panjang, tentunya Pemprov Sumsel akan terus menggiatkan pencegahan karhutla sesiaga mungkin.

“Nah alhamdulillah dapat bantuan dari badan restorasi gambut, tentunya ini membuat semangat lebih dalam mengola lahan, tahun depan itu di Sumsel ada Asian Games dan MotoGP  pertama di Indonesia, semua itu tidak akan terlaksana kalau ada kebakaran terjadi,”tegasnya

Halaman
12
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved