Tamu Tribun

Mahasiswa Hukum Unsri Belajar Jurnalistik ke Tribun Sumsel

Tidak heran banyak wartawan yang gugur diawal kerja karena merasa lelah dan tidak cocok dengan pekerjaan lapangan.

Mahasiswa Hukum Unsri Belajar Jurnalistik ke Tribun Sumsel
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
PJ Koordinator Percetakan Irwan memberi penjelasan mengenai proses cetak koran Tribun Sumsel sehingga sampai ke tangan pembaca. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Puluhan Mahasiswa  Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya berkunjung ke Graha Tribun untuk belajar mengenai jurnalistik.

Kedatangan mahasiswa ini disambut Redaktur Tribun Sumsel Ray Hapyeni dan Irwan PJ Koordinator Percetakan Tribun Sumsel.

Ray Hapyeni langsung menjelaskan proses pencarian berita di lapangan dan diproduksi menjadi berita yang bisa dikonsumsi masyarakat secara langsung atau online dan berita yang disajikan lengkap edisi cetak keesokan harinya.

"Wartawan mencari berita di lapangan siang hari dan edit redaktur malam hari lalu dicetak menjadi koran esoknya, tapi kalau berita online real time yang langsung bisa dinikmati masyarakat saat kejadian masih berlangsung," papar Yeni.

Yeni juga menjelaskan menjadi wartawan adalah profesi menantang karena cara kerjanya tidak monoton dan banyak hal unik yang ditemui di lapangan.

Meski dianggap pekerjaan menantang tapi bisa juga disebut pekerjaaan yang melelahkan karena selalu bergalut di lapangan.

Tidak heran banyak wartawan yang gugur diawal kerja karena merasa lelah dan tidak cocok dengan pekerjaan lapangan.

Setelah mendapat penjelasan proses pembuatan berita mahasiswa kemudian diajak melihat langsung proses percetakan koran di percetakan.

Pj Koordinator Percetakan Irwan menjelaskan proses percetakan hingga koran selesai dicetak dan sampai ke tangan pembaca setiap hari.

"Prosesnya naskah koran yang sudah diedit redaktur dari redaksi kemudian dicetak di mesin cetak lalu disebar ke agen dan pengecer yang akan kembali mendistribusikannya ke pembaca," jelas Irwan.

Penulis: Hartati
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved