Inilah Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2016 Kanwil DJP Sumsel-Babel

Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung ditargetkan sebesar Rp13,3 Triliun dan telah tercapai Rp 12,2 Triliun.

Inilah Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2016 Kanwil DJP Sumsel-Babel
Tribun Sumsel/Hartati
Kantor Direktorat Kantor Pajak Sumsel Babel. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2016 mencapai 92% dari target hasil APBNP kedua.

Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung ditargetkan sebesar Rp13,3 Triliun dan  telah tercapai Rp 12,2 Triliun.

Kondisi ini diakibatkan oleh penurunan harga komoditas baik sawit, karet, batubara maupun timah yang sedang bergerak naik dipenghujung 2016.

Selain itu tidak dapat dilakukan pemeriksaan pajak secara efektif sejalan dengan diberlakukannya program Amnesti Pajak serta kepatuhan Wajib Pajak (WP) yang masih rendah akibat belum optimalnya sosialisasi dan edukasi dari aparat pajak .         

Sementara penerimaan dari program Amnesti Pajak saja tercapai 150 Miliar memang tidak dapat memenuhi target yang dibuat sebelumnya yaitu 200 Miliar pada periode II ini.

Bila dilihat dari keikutsertaan Wajib Pajak dalam program Amnesti Pajak periode II ini yaitu sekitar 8.000an Wajib Pajak.

Kami sangat berterimakasih kepada para pahlawan masa kini, yaitu para Wajib Pajak yang telah membayar pajak dan juga ikut serta dalam program Amnesti Pajak, Kelangsungan NKRI dan Pembangunan Nasional adalah tanggungjawab kita bersama.

Kanwil DJP terus berupaya melakukan berbagai terobosan untuk memaksimalkan penerimaan pajak.

Tentunya, dengan harapan besar agar segera pulihnya kembali perekonomian nasional serta komitmen bersama wajib pajak dan seluruh masyarakat Indonesia.

Dan perlu diingat, program Amnesti Pajak belum berhenti, masih ada periode III yaitu pada bulan Januari 2017 – Maret 2017 dengan tariff 5%, segera manfaatkan program ini karena ini kesempatan terakhir untuk mendapatkan pengampunan pajak.

Fokus periode III yaitu untuk Wajib Pajak Pengusaha, Profesi, PNS dan UMKM (tarif 0,5% untuk WP UMKM dengan harta dibawah 10M dan 2% untuk UMKM dengan harta diatas 10M). (Rel)

Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved