Kirab Sriwijaya Simbol Kebhinekaan dan Pensucian Diri

Kirab Sriwijaya ini juga sekaligus perjalanan suci karena diiisi dengan doa. Melalui doa diharapkan bisa membuat jiwa dan raga bersinergi.

Kirab Sriwijaya Simbol Kebhinekaan dan Pensucian Diri
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
Panitia Kirab Sriwijaya saat berkunjung ke Graha Tribun, Senin (21/11/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Sumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kirab Sriwijaya tahun ini akan dilaksanakan lima hari berturut-turut lima hari mulai 8-12 Desember mendatang.

Kirab Sriwijaya atau sedekah bumi dilaksanakan untuk mendoakan roh leluhur agar bisa tenang.

"Sama seperti Islam mendoakan arwah leluhur dengan yasinan atau doa, nah ini konsepnya sama," ujar Humas Kirab Sriwijaya Chandra Wijaya saat berkunjung ke Tribun Sumsel, Senin (21/11/2016).

Kirab Sriwijaya ini juga sekaligus perjalanan suci karena diiisi dengan doa. Melalui doa diharapkan bisa membuat jiwa dan raga bersinergi.

Kirab juga sekaligus mengekspresikan kebhinekaan karena kirab ini menghargai beragam ritual. Setiap tempat yang menjadi lokasi kirab dilakukan ritual doa berbeda sehingga disinilah letak keberagaman dan kebhinekaan.

Diperkirakan ribuan masyarakat lintas agama yang akan hadir dan berdoa bersama di Bumi Sriwijaya. Peserta kirab juga bukan hanya berasal dari dalam negeri dari berbagai kota di Indonesia tapi juga dari luar negeri.

"Peserta kirab Sriwijaya ini tidak kita paksakan karena ini soal jodoh, siapa yang berjodoh bisa datang tapi meski mereka yang banyak uang, waktu luang tapi jika tidak berjodoh juga tidak bisa datang dan merasakan kebesaran kekuatan kerajaan Sriwijaya," ujar Ketua Kirab Sriwijaya Sylviana Ratna Rembulan.

Kirab Sriwijaya juga sekaligus simbol keragaman dan toleransi umat bergama. Bukan hanya mereka yang beragama Budha saja yang boleh ikut dalam doa bersama ini tapi semua kalangan, agama dan aliran bisa ikut dengan tujuan baik berdoa bagi kemakmuran bumi Sriwijaya.

Penulis: Hartati
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved