Breaking News:

Harga Rokok Eceran di Indonesia Paling Mahal di Dunia

Sebenarnya harga jual satu batang rokok kita itu termasuk yang tertinggi,

Editor: Muhamad Edward
Youtube
Jakabaring Sport City (JSC) yang menjadi percontohan kawasan bebas rokok sejak 28 November lalu, nyatanya sampai saat ini masih saja ada masyarakat yang merokok di area tersebut. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi membenarkan, harga jual rokok eceran per bungkus di Indonesia masih sangat murah jika dibandingkan di Singapura dan Jepang. Namun jika dihitung membeli rokok secara satuan (per satu batang rokok), harga jualnya jauh lebih mahal daripada di negara manapun.

"Sebenarnya harga jual satu batang rokok kita itu termasuk yang tertinggi," ujar Heru di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Heru menjelaskan harga rokok ketengan tidak dihitung berdasarkan nilai satu bungkus, namun menyesuaikan kemampuan pembeli yang dihitung melalui Produk Domestik Bruto (PDB).

"Karena kan dia (rokok ketengan) harga pasti harus relatif dibandingkan kemampuan daya beli toh dan itu kemampuan dari PDB kita," jelas Heru.

Heru memaparkan rokok ketengan jika dihitung menyumbang 0,8 persen dari PDB per kapita per hari.

Sementara di negara-negara lain seperti Singapura dan Jepang kontribusi rokok perbungkus 0,2 persen per kapita per hari.

"Artinya harga rokok kita relatif lebih mahal kalau dikaitkan dnegan PDB kita," papar Heru.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved