Budidaya Lebah Trigona Mampu Jaga Gambut

Budidaya lebah Trigona bisa menjadi hal kecil yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, terutama lingkungan gambut.

Budidaya Lebah Trigona Mampu Jaga Gambut
Youtube

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Andi Agus T

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Budidaya lebah Trigona bisa menjadi hal kecil yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, terutama lingkungan gambut.

Lebah Trigona, tidak terlalu membutuhkan serbuk bunga yang banyak. Lebah jenis itu mampu berkembang dengan memanfaatkan bunga semak belukar saja atau bisa berkembang pada tanaman endemik gambut.

"Dengan begitu, lahan gambut tidak dirusak karena untuk sumber makan lebah yang dibudidayakan tadi," kata DR Mulawarman, akademisi pertanian dari Unsri dalam workhsop yang digagas HaKI di hotel Imara, Senin (28/3/2016).

Masyarakat tidak perlu bingung mengenai bibit, pemeliharaan dan pemasaran. Dari segi peranakan, lebah ini termasuk banyak dibudidayakan. Dari segi pemeliharaan lebah trigona juga tidak memerlukan perawatan yang terlalu sulit. Cukup penempatan kotak-kotak dan sebagainya.

Selain itu, pemasaran madu cukup besar. Terlebih even Asian Games 2018 di Sumsel membuat kebutuhan madu semakin tinggi.

"Memang terkadang masyarakat malas. Makannya kami sarankan untuk budidaya ini secara kelompok. Dengan begini, selain menambah pemasukan kita secara tidak langsung juga menjaga hutan gambut itu sendiri," katanya.

Menurut Mulawarman, tidak hanya budidaya lebah Trigona saja yang sangat mudah. Masih banyak jenis-jenis budidaya yang bisa dilakukan masyarakat terkait pemeliharaan lingkungan khususnya area gambut.

Sebut saja budidaya jamur. Budidaya ini juga sangat mudah dan memanfaatkan alam sekitar. Contohnya kebutuhan kayu. Tidak perlu membutuhkan kayu segar yang kemudian dipotong tapi memanfaatkan kayu yang roboh.

"Kalau biasanya sudah ditebang kemudian dibakar, budidaya jamur gak usah dibakar. Ambil kayunya kasih serbuk jamur," ujarnya.

Dengan demikian budidaya-budidaya yang familiar di kalangan masyarakat, bisa menjaga kelestarian alam. Selain itu bisa menjadi usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri.

Penulis: Andi Agus Triyono
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved