MRT05 Rio Pakai Bahan Bakar Petronas, Ini Komentar Pertamina

Tak heran bila logo Pertamina bertenger di mobil dan seragam balap Rio serta rekan satu timnya.

kompas.com
RIO HARYANTO 

TRIBUNSUMSEL.COM- Pebalap Rio Haryanto yang berlaga di ajang Formula 1 2016 bersama Manor Racing tak lepas dari peran serta Pertamina. Perusahaan yang bergerak di bidang energi dan terbesar di Indonesia ini menjadi sponsor dengan menyumbang dana sebesar 5 juta euro atau setara Rp 75 miliar.

Tak heran bila logo Pertamina bertenger di mobil dan seragam balap Rio serta rekan satu timnya. Meski demkian ternyata, untuk bahan bakar dan pelumas di Mercedes MRT05 yang merupakan mobil andalan Manor Racing masing menggunakan produk asal Malaysia, yakni Petronas.

Menangapi hal ini, Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, mengatakan bahwa hal tersebut memang benar adanya. Petronas digunakan Manor Racing sebagai pelumas dan bahan bakarnya.

"Penggunaan Petronas untuk pelumas mesin dan bahan bakar memang benar, karena Petronas punya kontrak jangka panjang dengan Mercedes, dan mesinnya digunakan pada mobil MRT05 Manor Racing," ucap Wianda saat dihubungi Otomania, Rabu (24/2/2016).

Menurut Wianda, bukan hanya mobil Rio saja yang pakai produk Petronas, mobil AMG Mercedes yang digunakan Lewis Hamilton dan Nico Rosberg pun juga sama.

Sebelumnya dilansir dari Kompas.com, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto juga menyatakan bahwa bentuk pengeluaran biaya sponsorship yang dilakukan Pertamina memang tergolong kecil bila dibandingkan dengan Petronas yang nilainya mencapai Rp 567 miliar.

“Sebenarnya kalau dibandingkan Petronas yang (mengeluarkan sponsorship) hingga Rp 567 miliar, memang ini kecil sekali,” ucap Dwi dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (22/2/2016).

Editor: Sri Hidayatun
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved