Ini Dia 6 Fakta Mengejutkan Tentang Hari Valentine

sosok St Valentinus merupakan sosok dibalik munculnya peringatan hari Valentine atau hari kasih sayang, ia meninggal pada tanggal 14 Februari abad di

Ini Dia 6 Fakta Mengejutkan Tentang Hari Valentine
History.com
Lukisan rekaan wajah St. Valentine. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Seorang pria bernama Valentinus mungkin tidak asing bagi sejumlah orang yang kerap merayakan hari kasih sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari.

Dilansir History.com, Minggu (14/2/2016), sosok St Valentinus merupakan sosok dibalik munculnya peringatan hari Valentine atau hari kasih sayang, ia meninggal pada tanggal 14 Februari abad di akhir abad ke 3 Masehi.

Ketika kalian merayakan Hari Valentine ini, apakah kalian pernah mencari tahu kebenaran tentang orang dibalik munculnya hari Valentine.

Berikut 6 fakta mengejutkan seputar sosok pria di balik Hari Valentine tersebut:

1. Santo Valentine yang menjadi ilham hari Valentin diduga merujuk kepada 2 orang pria berbeda

Seperti diakui oleh Gereja Katolik Roman, St Valentine diketahui meninggal sekitar tahun 270 Masehi.

Namun, identitas Valentine yang sebenarnya baru terungkap di awal tahun 496 Masehi oleh Paus Gelasius 1, yang menilai kalau sang martir dan segala aktivitas dan perbuatan yang dia lakukan "hanya diketahui oleh Tuhan".

Sementara itu, menurut sebuah keterangan yang muncul di tahun 1400-an yang menyebut Valentine adalah seorang pendeta yang kepalanya dipenggal oleh Kaisar Claudius II di dekat kota Roma dengan tuduhan telah menikahkan pasangan Kristen.

Sedangkan keterangan lainnya menyebut Valentine adalah Uskup Terni dan juga martir pada masa Claudius II yang terletak di pinggiran Roma. Karena dinilai memiliki kesamaan, kedua pendapat tersebut banyak dianggap merujuk pada satu orang yang sama.

Namun, karena dinilai informasi soal identitas St. Valentine yang masih simpang siur, Gereja Roma Katolik akhirnya menghentikan penghormatan liturgis terhadapnya pada 1969. Walaupun namanya tetap ada dalam daftar resmi orang kudus.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Edward
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved