Takut Kehabisan, Pembeli Rela Antre Di Gado-gado Arjuna Pak Satumin

Depot ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Dirintis oleh Satumin dibantu istrinya, Soepik. Menu andalannya, gado-gado dengan rasa bumbu kacang yang khas

Takut Kehabisan, Pembeli Rela Antre Di Gado-gado Arjuna Pak Satumin
SURYA/WIWIT PURWANTO
Gado-gado Pak Satumin di Surabaya. 

TRIBUNSUMSEL.COM, SURABAYA - Kalau sedang melintas di Jalan Arjuna, Surabaya, Jawa Timur, sempatkan mampir ke Depot Gado-gado Arjuna Pak Satumin, sekitar 900 meter dari Pasar Kembang.

Tepatnya, di sebelah kiri jalan setelah pertigaan Jalan Kedung Anyar.

Depot ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Dirintis oleh Satumin dibantu istrinya, Soepik. Menu andalannya, gado-gado dengan rasa bumbu kacang yang khas.

Resep turun temurun Satumin diteruskan anaknya, Nanik (50). "Resep khusus pasti ada, tidak bisa saya ceritakan. Itu rahasia dari bapak sejak mulai merintis usaha," kata Nanik.

Racikan gado-gadonya terdiri atas lontong, selada, kecambah, timun, tahu, telur, kerupuk dan emping. Ada taburan bawang goreng di atas siraman bumbu kacang yang kental, cokelat pekat, sambal merah merekah.

Nanik tidak saja menyajikan menu gado-gado tetapi ada menu pilihan lain seperti nasi rawon, nasi campur, penyetan, pecel, siomay, rujak cingur dan beragam minuman.

juara

SURYA/WIWIT PURWANTO
Gado-gado Pak Satumin di Surabaya sedang diracik.

Dalam sehari menghabiskan 10-15 kilogram gilingan kacang dengan campuran bumbu rahasia yang telah diracik sejak tahun 1970-an. Nanik juga menghabiskan 50 buah lontong untuk gado-gadonya.

"Saya sering makan gado-gado Arjuna ini, memang dahsyat rasanya apalagi bumbu kentalnya sangat pas di lidah," jelas Lina, salah satu pelanggan.

Pelanggan lain, Widi (35), mengatakan, dari rasa sangat enak, mantap nikmat, jadi dirinya rela antre ketimbang kehabisan.

Selain di Jalan Arjuno, Gado-gado Pak Satumin bisa ditemui di Depot Pujasera karena Nanik menjalin kerja sama tanpa ada kepemilikan pribadi tetapi bagi hasil dengan pemilik Depot Pujasera.

"Saya ingin memiliki cabang sampai luar kota dan membuka di foodcourt mal," katanya. (Elizabeth Sherly/Risma Nurania/Wiwit Purwanto)

Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved