Jamkrida Sumsel Gandeng LPDB Untuk Membantu Koperasi Menambah Dana Usaha

Jamkrida Sumatera Selatan (Sumsel) terus memperluas jaringan kerja samanya, dengan mengandeng Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koper

Jamkrida Sumsel Gandeng LPDB Untuk Membantu Koperasi Menambah Dana Usaha
Istimewa
Direktur Utama Jamkrida Sumsel, Dian Askin Hatta (kiri ketiga),berjabat tanggan dengan Direktur LPDB, Kemas Danial usai penandatanganan kerjasama beberapa waktu lalu (ist) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Jamkrida Sumatera Selatan (Sumsel) terus memperluas jaringan kerja samanya, dengan mengandeng Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu perkembangan perekonomian pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Sumsel.

"Jamkrida Sumsel sudah melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan LPDB Kementerian Koperasi dan UKM. Kerja sama ini dilakukan untuk membantu koperasi-koperasi di Sumsel yang membutuhkan modal usaha namun terbatas jaminan. Bagi yang terkendala modal nantinya akan Jamkrida ajukan penambahan modal ke LPDB," ujar Direktur Utama Jamkrida Sumsel, Dian Askin Hatta, Selasa (29/12).

Ia mengatakan, PKS tersebut dilakukan bersamaan dengan Jamkrida dari provinsi lainnya, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bangka Belitung, Jawa Tengah, dan Jakarta.

Tugas Jamkrida menjamin pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman dari LPDB. LPDB membutuhkan Jamkrida karena mengetahui koperasi-koperasi yang berpotensi di Sumsel.

Sehinggan penyaluran dana bergulir sesuai dengan kebutuhan koperasi yang bersangkutan.

PKS ini memberikan keuntungan bagi Jamkrida Sumsel, karena adanya penambahan pendapatan tahunan dengan LPDB ini.

Selain dengan LPDB, Jamkrida Sumsel juga akan melakuka PKS dengan Bank Bukopin Cabang Palembang. PKS ini akan dilakukan pada awal 2016 mendatang dan saat ini masih dalam proses.

"Dengan Bank Bukopin Cabang Palembang kami bekerja sama dalam hal kredit UMKM dan Koperasi. Bagi yang mendapatkan pinjaman dari Bukopin Cabang Palembang akan dijaminkan melalui Jamkrida. Dengan adanya kerja sama dengan Bank Bukopin, kami harapkan akan mendapatkan tambahan pendapatan," katanya.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved