Saat JK Bacakan Lagi Puisinya "Ambonku Ambon Kita Semua"

Jusuf Kalla saat itu merupakan mediator terbentuknya Perjanjian Malino pada 2002,

Saat JK Bacakan Lagi Puisinya
Icha Rastika
Wakil Presiden Jusuf Kalla seusai bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, AMBON - Wakil Presiden Jusuf Kalla membacakan lagi puisi berjudul "Ambonku, Ambon Kita Semua" pada Musyawarah Besar Masyarakat Maluku 2015 di Islamic Centre Kota Ambon, Maluku, Rabu (25/11/2015).

"Itulah satu-satunya, pertama dan terakhir, puisi buatan saya. Saya tidak bisa buat lagi karena itu lahir dari dalam jiwa," kata Wapres Kalla usai membacakan puisi di depan peserta Musyawarah seperti dikutip Antara.

Puisi hasil karya Jusuf Kalla itu dibacakan untuk pertama kali pada 7 September 2004, ketika dia masih menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat dalam upaya perdamaian atas konflik antarkelompok di Ambon.

Jusuf Kalla saat itu merupakan mediator terbentuknya Perjanjian Malino pada 2002, yang merupakan kesepakatan damai untuk konflik yang terjadi sejak 1999.

"Saya merasa bahagia dan bersyukur bisa hadir lagi dan bertemu kawan-kawan lama di sini. Dan semuanya tentu bahagia dengan upaya melanjutkan perjalanan bangsa ke depan," kata Wapres.

Dalam kesempatan itu, Wapres Kalla juga mengingatkan seluruh masyarakat Maluku untuk tidak melupakan sejarah kelam konflik di masa lalu, sebagai pegangan untuk mewujudkan kehidupan lebih baik di masa datang.

"Selain menghormati masa lau, kita juga harus selalu berusaha keras supaya bagaimana masa depan ini bisa lebih baik dari masa lalu," katanya.

Berikut adalah penggalan puisi Ambonku, Ambon Kita Semua yang dibacakan Wapres Kalla di Ambon:

"Empat ratus tahun lalu dunia mencarimu. Dunia ingin hidup nyaman darimu. Karena engkau adalah sumber keharuman.

Pala, fuli dan cengkeh dambaan mereka. Karena itu dari jauh mereka datang padamu.

Halaman
12
Editor: Weni Wahyuny
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved