Danau Ninivala, Danau di Atas Awan

Di Maluku, Khususnya di kawasan Pulau Seram tidak hanya terdapat Ora Beach saja lho. Di pulau ini berdiri kokoh gunung Banaiya yang memiliki.

Danau Ninivala, Danau di Atas Awan
Travelling
Danau Ninivala di Pulau Seram, Maluku 

TRIBUNSUMSEL.COM - Fenomena alam di Pulau Seram ini mungkin salah satu yang paling aneh di dunia. Terdapat sebuah danau dengan air terlihat seperti mendidih mengeluarkan gelembung dan menghasikan asap.

Dilansir traveling.com, Jumat (30/10/2015), akan tetapi airnya tidak panas bahkan traveler bisa mandi dan berenang di dalamnya. Airnya segar cenderung dingin seperti es.

Di Maluku, Khususnya di kawasan Pulau Seram tidak hanya terdapat Ora Beach saja lho. Di pulau ini berdiri kokoh gunung Banaiya yang memiliki ketinggian 3.207 mdpl.

Traveler yang hobi mendaki gunung tidak akan melewatkan gunung ini jika berlibur ke Pulau Seram.

Saat mendaki melewati rute Desa Piliana kamu akan dihadapkan pada danau ajaib bernama Danau Ninivala.

Danau Ninivala berada di Desa Piliana yang merupakan Negeri Adat orang-orang Wemale di pedalaman Seram Utara, berjarak 2 km dari Negeri Hatu di Kecamatan Tehoru.

Danau ini berukuran tidak terlalu besar yang mendapat pasokan air dari dalam bumi langsung. Oleh sebab itu air yang keluar dari bawah tanah ini menimbukan efek gelembung yang banyak serta asap yang pekat.

Anehnya meski berasal dari dalam tanah, air yang keluar ini tidak panas. Airnya segar dan bisa digunakan untuk berenang. Lantas bagaimana bisa ada gelembung dan asap?

Usut punya usut gelembung yang keluar itu terjadi karena air keluar langsung dari pori-pori tanah sedangkan asap berasal dari embun air yang muncrat keluar dari tanah dan bertemu dengan panas hawa bumi di luar.

Warna air danau juga menarik untuk difoto sebab berwarna biru jernih. Di tengah danau terdapat dua pohon besar yang tumbuh tinggi.

Ada lagi yang menarik, yaitu mitos yang beredar di kalangan warga setempat. Konon jika kamu berenang atau mandi di dalam danau ini sambil memikirkan orang yang dicintai konon bisa berjodoh lho.

Traveler yang berkunjung diizinkan unutk mencuci muka maupun bermain air di sana dengan syarat tetap menjaga kebersihan dan tidak mengotori kawasan sekitar danau.

Danau Ninivala cukup menarik untuk dikunjungi selama plesiran di Pulau Seram. Hanya saja jalur menuju ke tempat ini belum dibangun jadi perlu usaha ekstra untuk mengunjunginya. Ini pula yang menyebabkan banyak potensi wisata di Pulau Seram bagaikan tak tersentuh.

Penasaran, langsung saja lihat tayangannya pada video di bawah ini:

Penulis: Muhamad Edward
Editor: Yohanes Iswahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved