Wako Tidak Memiliki Peran Penentu Wawako Palembang Nantinya

nantinya jika ada kesepakatan dua nama yang diusulkan ke DPRD tersebut tetap dilakukan dan disetujui Wako,

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Weni Wahyuny
Wako Tidak Memiliki Peran Penentu Wawako Palembang Nantinya
TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Dr Febrian

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Arief Basuki Rohekan

TRIBUNSUMSEL, PALEMBANG,--Adanya Undang-Undang (UU) nomor 8 tahun 2015 tentang pemilihan Kepala Daerah pengganti UU no 1 tahun 2015 dan UU no 32 tahun 2004, menjadikan kewenangan Walikota Palembang dalam menentukan Wakilnya bukanlah salah satu faktor penentu dalam menentukan Wakil Walikota nantinya.

"Jadi uu itu menghapuskan uu yang lama, dimana untuk mengusulkan nama cawawako itu dilakukan karena kesepakatan parpol pengusung, bukan ditentukan Wako nya. Melihat kasus Cirebon, mereka lalu mengusulkan dan sebetulnya juga menunggu kemendagri untuk mengatur soal itu. Jadi memang tidak ada persoalan yang substansial untuk teknisnya,"kata ahli hukum Unsri Dr Febrian.

Dijelaskan Febrian, nantinya jika ada kesepakatan dua nama yang diusulkan ke DPRD tersebut tetap dilakukan dan disetujui Wako, ke panitia pemilihan DPRD untuk dilakukan pemilihan secara voting oleh 50 DPRD Palembang.

"Setelah ada hasilnya, nanti akan dibawa ke Gubernur Sumsel untuk disampaikan ke Mendagri. Jadi, nantinya tetap saja domainnya berada di parpol pengusung, dan saya lihak belum jelas teknik operasional maka harusnya uu tersebut harus sudah,"tuturnya.

Meskipun Walikota Palembang nantinya tidak memiliki peran untuk menseleksi calon wakilnya yang diajukan parpol, tetap saja Harnojoyo tetap punya peran besar, mengingat selain sebagai Walikota Palembang, Harnojoyo juga menjabat ketua DPC Demokrat Palembang yang notabanenya adalah partai pengusung.

"Peranan tetap ada wako, karena ada kepentingan didalam itu. Namun, dalam pemilihan nanti, peranannya bisa menurun saat pemilihan,"tandasnya.

Tags
Harnojoyo
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved