Senin, 27 April 2015

Yamaha X-Ride, Jajal Panasnya Gunung Merapi

Selasa, 2 April 2013 22:37

Yamaha X-Ride, Jajal Panasnya Gunung Merapi
sumber : motorplus-online.com

X-Ride bisa dianalogikan mobil adventure atau off road. Makanya, sejak landing di bandara Adisucipto Yogyakarta (27/3) lalu, aroma off road sudah ditebar PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Puluhan jurnalis otomotif tanah air dijemput menggunakan mobil-mobil off road menuju hotel di lereng gunung Merapi, Cangkringan Villa and Spa.

Berhubung X-Ride yang dikendarai Team OTOMOTIFNET.COM(Grup Kompas Gramedia) masih menggunakan ban untuk jalanan aspal, maka pihak panitia sengaja mengurangi takanan angin ban. Tujuannya untuk menambah cengkeraman ke tanah dan tidak licin. Tekanan angin ban sesuai buku manual 29 psi di depan dan 33 psi di belakang, diubah menjadi 15 psi di depan dan 20 psi untuk roda belakang.

Posisi Duduk Nyaman

Meski didesain lebih tinggi dari matik Yamaha lainnya, nyatanya X-Ride masih nyaman untuk pengendara dengan tinggi badan 165 cm. Posisi duduknya santai dan telapak kaki tetap bisa menapak sempurna ke tanah.

Posisi setang dan panel indikator juga sangat ideal. Tangan dengan sempurna menggenggam handle grip, posisinya tidak menunduk tapi cenderung tinggi dan lebar khas motocross. Asiknya, panel indikator yang tidak terlalu besar masih dengan mudah terlihat. Mata masih jelas melihat angka kecepatan.

Lanjut ritual mengoperasikan mesin. Seperti matik injeksi Yamaha lainnya, ketika kunci kontak ON, check engine menyala lalu mati kembali. Baru deh tekan tombol start, jrenggg...!!! Sampai mesin hidup, auranya tak jauh beda dengan matic Mio J atau Soul GT. Suara klaksonnya yang teralu nyaring, rasanya kok kurang klop dipadu postur X-Ride yang sangar hehee..

Ketika mulai pelintir gas, sensasinya mula beda dibandingkan Soul GT. Akselerasi lebih responsif. Perbedaan power 5 persen dari Soul GT yang diklaim Yamaha mulai terasa. Sayang, top speed tak bisa dirasakan karena trek yang dilalui hampir keseluruhan jalan terjal.

Halaman12
Editor: BangOpeak
Sumber: Otomotif Net
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas