Kanal

Adegan Ciuman di Film Bollywood Platinum tak Disensor, Berikut Pernyataan KPI

Ilustrasi Bibir - Albalad.co

TRIBUNSUMSEL.COM - Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) Pusat menjatuhkan sanksi administratif teguran tertulis kepada MNCTV, Senin (3/9/2018).

Baca: Update Berita Sriwijaya FC, Cedera Lawan Mauritius Saat Bela Timnas, Zulfiandi Dinyatakan Aman

Sebab, programnya yang bertajuk Bollywood Platinum menampilkan adegan pria dan wanita berciuman bibir.

Baca: Erick Thohir Disebut Stuntman Cawapresnya Jokowi, Ya Enggak Apa, kan Bagus

Adegan tersebut ada dalam film berjudul Main Prem Ki Diwani Hoon yang ditayangkan MNCTV pada 27 Agustus 2018.

Baca: 5 Tahun Pacaran, Luna Maya dan Reino Barack Putus? Dua Sahabatnya Ungkap Fakta Ini

"Adegan ciuman bibir dilarang dalam aturan P3 dan SPS KPI," kata Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, dalam laman kpi.go.id seperti dikutip Kompas.com, Rabu (12/9/2018).

Ia menjelaskan, jenis pelanggaran tersebut masuk dalam kategori pelanggaran atas ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan dan kesusilaan, perlindungan anak-anak dan remaja, pelarangan adegan ciuman bibir, serta penggolongan program siaran.

Karena tak melakukam sensor terhadap adegan tersebut, KPI menilai siaran Bollywood Platinum melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran KPI Tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14, Pasal 16 dan Pasal 21 Ayat 1 serta Standar Program Siaran KPI Tahun 2012 Pasal 9 Ayat 2, Pasal 15 Ayat 1, Pasal 18 huruf g dan Pasal 37 Ayat 4 huruf f.

"Berdasarkan pelanggaran tersebut, kami memutuskan memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis," kata Yuliandre.

KPI Pusat mengharapkan teguran tertulis itu bisa menjadi bahan introspeksi pihak MNC TV, sehingga bisa melakukan perbaikan ke depannya dan pelanggaran itu tak terulang lagi.

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) Pusat memberikan sanksi berupa teguran terhadap program Hitam Putih. KPI menilai acara bincang-bincang itu melakukan pelanggaran saat penayangannya pada 18 Juli 2018 pukul 18.14 WIB.

"Karena tidak menyamarkan wajah orangtua dan nenek serta identitas pelaku pada saat dialog dengan sepasang anak laki-laki dan perempuan yang menikah di usia dini," demikian bunyi surat teguran KPI yang dikutip Kompas.com dari laman kpi.go.id, Selasa (14/8/2018).

Halaman
12
Editor: Siemen Martin
Sumber: Kompas

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer