Kanal

VIDEO : Meriahnya Malam Tahun Baru Islam 2018 di Muaraenim Dengan Pawai Obor dan Panjat Pinang

Laporan wartawan Tribun Sumsel, Ika Anggraeni

TRIBUNSUMSEL.COM - Peringatan malam tahun baru islam 1 Muharam 1440 H di desa Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muaraenim berlangsung meriah, pasalnya Desa tersebut gelar Pawai Obor dan Panjat Pinang yang diikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai dusun yang ada di desa tersebut,Selasa,(10/9).

Baca: 3 Tol di Sumsel Kembali Dibangun, Hubungkan Palembang Hingga ke Bengkulu, Ini Penjelasannya

Baca: Hasil Jepang Open 2018, Jonatan Christie (Jojo) Kalah dari Wakil India, Sinisuka Ginting Menang

Pantauan Tribunsumsel.com di lapangan, ribuan masyarakat ini tampak membludak dan antusias mengikuti kegiatan pawai obor tersebut, sambil mengumandangkan takbir dan sholawat nabi, ribuan warga ini melintasi dusun demi dusun dengan rute berawal dari halaman masjid Al Muhajirin Dusun 3 Desa Cinta Kasih menuju ke dusun 4, kemudian ke dusun 5 ke dusun 1 ke dusun 2 dan kembali ke halaman masjid Al- Muhajirin Desa Cinta Kasih.

Perayaan malam tahun baru hijriyah inipun tidak berhenti disitu saja, panitia hari besar umat islam masjid Al-Muhajirin dengan bekerja sama dengan perangkat desa setempatpun telah menyiapkan puluhan doorprize yang diundi untuk peserta yang mengikuti pawai obor, selain itu juga panitia menggelar lomba panjat pinang.

Meskipun panjat pinang ini dilakukan di malam hari namun hal ini tidak menyurutkan antusias warga untuk menaklukan pohon pinang yang telah disiapkan panitia di kawasan masjid Al Muhajirin tersebut.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Desa Cinta Kasih,Samson Ali didampingi ketua pelaksana kegiatan,Artudin menjelaskan bahwa pawai obor ini tahun ini adalah tahun pertama digelar.

" Awalnya setiap kali malam tahun baru islam, kita hanya menggelar tausyiah di dalam masjid, namun sayangnya yang datang kemasjid hanya beberapa gelintir orang saja,dan kondisi inilah yang membuat kami memutar otak untuk berinovasi untuk membuat kegiatan perayaan tahun baru islam ini lebih meriah,maka kemudian timbulan ide untuk membuat kegiatan seperti malam ini," jelasnya.

Dikatakannya dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan sekitar 1000 peserta yang terdiri dari siswa-siswi MTS Al Muhajirin, SDN 1 dan SDN 2 Belimbing,Raudatul Athfal (RA) Al muhajirin, 7 TPQ, 5 Majelis Taklim serta masyarakat dari 5 dusun yang ada di desa Cinta Kasih.

" kita tidak menyangka antusias warga membludak malam ini, dan kegiatannya berlangsung sukses, kita berterima kasih kepada sejumlah pihak terkait baik dari kepolisian maupun instansi dan pihak lainnya yang sudah membantu kami menyukseskan kegiatan ini, dan kedepan kita rencanakan kegiatan ini akan kita jadikan agenda rutin tahunan untuk memeriahkan tahun baru islam," ungkapnya.

Diterangkan Samson, dalam kegiatan ini pihaknya sengaja menyiapkan puluhan doorprize untuk memotivasi peserta agar ikut serta terlibat dalam kegiatan ini.

" kita siapkan 50 buah doorprize yang diundi untuk pesert Pawai obor,kita ingin tidak hanya tahun baru masehi saja yang kita rayakan secara meriah, kita juga ingin agar tahun baru kita sebagai umat islam dapat berlangsung secara meriah sesuai harapan kita," katanya.

TONTON JUGA - 

Editor: Abu Hurairah

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer