Kanal

Berita Penerimaan CPNS 2018-Formasi Tenaga Pendidik 122.454, Kebutuhan Guru Daerah Paling Banyak

Peserta bersiap mengikuti ujian menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Kampus Stie Amkop jalan Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/9/2017). Sebanyak 11 ribu lebih peserta CPNS Strata satu (S1) dan SLTA mengikuti tes tersebut mulai 11-16 September 2017, sementara kouta untuk penerimaan pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel sebanyak 651 orang yang akan ditempatkan di Lapas, Rutan dan kantor Imigrasi setempat. tribun timur/muhammad abdiwan - TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN

TRIBUNSUMSEL.COM-Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) Tahun Anggaran 2018 resmi dibuka.

Pada Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan CPNS oleh Badan Kepegawaian Negara ( BKN) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) di Jakarta, Kamis, (6/9/2018) telah disampaikan pendaftaran akan dibuka 19 September 2018.

Total terdapat 122.454 formasi tenaga pendidik untuk kebutuhan instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Jumlah tersebut terdiri dari: guru madrasah Kementerian Agama bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi, guru Kelas dan mata pelajaran untuk pemerintah daerah (pemda) sebanyak 88.000 formasi, dan guru agama untuk pemda sebanyak 8.000 formasi.

Baca: Berita Politik Terkini, Partai Bermain Dua Kaki di Pilpres 2019, Ini Alasannya

Baca: Dulu Kawan, Kini Jadi Lawan di Pilpres, Detik-detik Erick Thohir dan Sandiaga Uno Akhirnya Pelukan

Melalui siaran pers, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait proses pendaftaran ini:

1. Terintegrasi melalui portal nasional

Kepala BKN Bima Haria Wibisana Ketua Pelaksana Seleksi Nasional CPNS menyampaikan bahwa sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal lain oleh Instansi.

2. Sistem tes berbasis komputer Selanjutnya proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Lebih rinci Kepala BKN menguraikan bahwa BKN mengantisipasi dengan jumlah peserta seleksi yang bisa mencapai 5 hingga 6 Juta orang dan total pelamar akan melampaui total peserta.

Baca: Kisah Hidup Erick Thohir, Ayahnya dari Keluarga Miskin, Lalu Menjelma Jadi Konglomerat

Baca: Ingat Anggodo Widjojo yang Terjerat dalam Kasus Cicak-Buaya? Kini Dikabarkan Meninggal Dunia

3. Kendala terbanyak: update data NIK Perihal itu BKN berharap sistem dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) juga siap.

4. Disiapkan 176 lokasi tes Selanjutnya untuk kesiapan lokasi tes seleksi CPNS 2018 hingga saat ini direncanakan akan dilaksanakan di 176 titik lokasi yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah. Untuk update persiapan pendaftaran CPNS 2018, tim SSCN BKN dan admin masing-masing Instansi sedang menginput seluruh formasi.

5. Laman siap diakses 19 September 2018 Dengan demikian web sscn. bkn.go.id akan difungsikan setelah semua K/L/D (Kementerian/Lembaga/Departemen) memasukkan formasi dan persyaratan pelamaran. Proses ini akan memakan waktu sampai dengan 18 September 2018.

Baca: Ini Hal Positif dari Live Streaming Laga Lechia Gdansk saat Egy Maulana Vikri Jalani Debut

Baca: Soal Aset Negara, Hotman Paris Bandingkan Kasus Roy Suryo dengan Nenek Pencuri Pohon yang Diadili

Baca: Kocak, Iwan Fals Kembali Buka Poling Pilpres 2019, Tapi Pasangannya Ditukar Bgini Hasilnya

6. Imbauan persyaratan wajar dan IPK sesuai wilayah Perihal syarat administrasi pendaftaran, Kepala BKN mengimbau seluruh Instansi penerima CPNS 2018 agar memberikan persyaratan yang wajar dan tidak menyusahkan masyarakat pelamar. Persyaratan seperti akreditasi dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus disesuaikan dengan indeks prestasi di wilayah masing-masing.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendaftaran CPNS Guru Dapat Diakses 19 September, Perhatikan 6 Hal Ini"

Editor: Wawan Perdana

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer