Kanal

Optimalkan Pekarangan dengan Tanam Sayuran, Desa Batumarta Wakili OKU Lomba Tingkat Provinsi

Desa Batumarta wakili OKU lomba PKK tingkat provinsi Sumsel - Tribun Sumsel/ Retno Wirawijaya

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA - Manfaatkan pekarangan kosong Desa Batumarta 1 Kecamatan Lubuk Raja akhirnya mewakili Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Lomba PKK tingkat Provinsi katagori pemanfaatan lahan pekarangan.

"Alhamdulillah Desa Batumarta 1 sebagai juara tingkat Kabupaten dan mewakili OKU untuk tingkat Provinsi pada Lomba PKK katagori Pemanfaatan Lahan Pekarangan,"ujar Camat Lubuk Raja Monang Suryadinata, Rabu (5/9/2018).

Menurut Monang, Desa Baumarta 1 sudah sejak lama memanfaatkan lahan pekarangan untuk kegiatan positif.

"Pemanfaatan lahan pekarangan ini di pelopori oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menosialisasikan ke tingkat dusun dan RT, sehingga setiap pekarangan warga tidak ada lagi yang mubazir," kata Monang.

Baca: Dibocorkan Orang Dekat Ahok, Begini Awal Mula Bripda PND Jatuh Hati ke Mantan Gubernur DKI

Baca: Soal Ancaman, Ustad Abdul Somad Ungkap Hal Mengejutkan: Lebih Parah dari Zaman Jahiliyah

Dalam hal panfaatan lahan pekarangan ini, KWT memggalakan warga menanam sayur mayur dan tanaman obat serta memelihara ikan.

"Tujuannya untuk menunjang perekonomian keluarga dan menjadikan keluarga mandiri,"jelas Monang.

Disamping itu, lanjutnya, melalui program pemanfaatan lahan pekarangan ini, kebersihan dan keindahan lingkungan tetap terjaga,"karena tanaman tersebut akan di rawat oleh pemiliknya baik itu bekerja secara berkelompok bergabung dengan KWT dan Kelompok Dasa Wusma,"kata Monang.

Terpisah, sementara itu, di Kecamatan Sinar Peninjauan ada dua Desa yang mewakili Kabupaten OKU pada Lomba PKK tahun ini, yakni Desa Sri Mulya dan Desa Karya Jaya dengan katagori yang berbeda.

Baca: Bripda PND Mantan Ajudan Veronica Tan Bakal Dinikahi Ahok, Ternyata Sering Jenguk ke Mako Brimob

Baca: 5 Dampak Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS Menurut Said Didu, Utang Bakal Naik

"Di Kecamatan Sinar Peninjauan ada dua Desa yang ikut di nilai pada lomba PKK tingkat Provinsi tahun ini,"ujar Ahmad Hidayat Camat Sinar Peninjauan.

Desa Sri Mulya katagori 10 Program Pokok PKK dan Desa Karya Jaya dengan katagori Inspeksi Visual Asetat (IVA) atau deteksi dini kanker serviks.

"Penilaian di Desa Sri Mulya sebagai ketua Tim di pimpin oleh Ir Endang Pratiwi, sedangkan di Desa Karya Jaya di Ketuai oleh Hj Niswati Thohir,"terang Ahmad Hidayat.

Masih kata Ahmad Hidayat, kegiatan Lomba PKK di Kecamatan Sinar Peninjauan juga diisi dengan pelayanan KB gratis oleh Dinas PPKB.

"Secara keseluruhan kita berharap Kabupaten OKU menjadi juara dari semua katagori yang di ikuti,"harapnya.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Wawan Perdana

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer