Kanal

76 Industri Kecil Menengah di Sumsel Peroleh Sertifikat Halal, Sebagian Besar Usaha Makanan Ringan

Pengusaha IKM di Palembang Komaria Esqi yang menerima sertikat halal ini - Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kesadaran masyarakat terhadap suatu yang halal kini terus meningkat. Dan pemahaman tidak lagi hanya soal makanan dan minuman untuk dikonsumsi, tapi menyangkut wisata halal, fashion halal, kosmeyika halal dan lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut serta merujuk ketentuan Undang Undnag Nomor 33 Tahun 2014, PP tentang Jaminan Produk Halal, pemerintah memastikan wajib halal di tahun 2019 dalam hal ini Kementerian Perindustrian Direktorat Industri Kecil Menengah Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur (PBKF) memberikan bantuan berupa fasilitasi sertifikat halal kepada 76 para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) makanan di Sumsel.

Baca: Siswa Magang di Kantor Bukan untuk Disuruh Bikin Kopi atau Tukang Fotokopi

Baca: Sulit Tidur, Ini Tips Terlelap Dalam Waktu Singkat ala Pasukan Militer

Yang terdiri dari beberapa Kabupaten/Kota di Sumsel, antara lain Palembang sebanyak 30 IKM dengan rata-rata komoditas makanan pempek, Ogan Ilir sebanyak 16 IKM dan Banyuasin 30 IKM.

sertifikat halal diserahkan secara langsung oleh Direktur IKM pangan Barang dari Kayu dan Furnitur (PBKF) kementrian Perindustrian, Sudarto yang berlangsung di hotel 101 Palembang.

"Tadi yang menerima sertifikat rata-rata IKM pempek, makanan ringan dan minuman," ujar Sudarto saat dibincangi Tribun setelah Seremonial penyerahan sertifikat halal Sumsel tahun anggaran 2018, Rabu (5/9/2019).

Baca: Tak Mau Kalah Dengan Asian Games, Ini Bocoran Opening dan Closing Ceremony Asian Para Games 2018

Baca: Puan Bocorkan Kriteria Ketua Tim Jokowi, Erick Thohir dan Najwa Shihab Kandidatnya

Dia juga mengatakan dengan adanya sertifikat halal ini membuktikan kompetensi dan kualitas produk yang IKM produksi.

"Maka menjadi kebutuhan penting bagi IKM untuk dapat memiliki sertifikat halal agar produk yang dihasilkan memiliki nilai lebih dan dapat meningkatkan daya saing produk IKM di Sumsel," katanya.

Sementara itu, salah satu pengusaha IKM di Palembang yang menerima sertikat halal ini, Komaria Esqi mengatakan sangat penting memiliki sertifikat halal ini.

Baca: Sriwijaya FC Balik Kandang ke Gelora Sriwijaya Jakabaring, Sanksi Penutupan Tribun Masih Berlaku

Baca: Gubernur Edy Rahmayadi Mundur Dari Ketua PSSI ?, Simak Penjelasannya

"Saya di rumah produksi sosis ayam, nugget dan bakso yang dapat sertifikat halal itu baru nugget dan sosis ayam. Punya sertifikat halal ini penting ya apalagi kita umat muslim dan konsumen sekarang itu pintar dan peduli dengan produk halal juga," ujarnya wanita yang tinggal di Lawang Kidul Darat dekat rs Pelabuhan ini.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer