Kanal

Delapan Delegasi University of Islamic Denomination (UID) Iran Sambangi Gubernur Sumsel Alex Noerdin

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengungkapkan dengan tegas mendukung segala bentuk kerjasama yang terjalin antara Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan University of Islamic Denomination (UID) Iran. - Tribunsumsel.com

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengungkapkan dengan tegas mendukung segala bentuk kerjasama yang terjalin antara Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan University of Islamic Denomination (UID) Iran.

Pernyataan tersebut diungkapkan Alex di hadapan 8 orang delegasi UID Iran yang beraudiensi di Griya Agung Selasa (4/9).

Baca: 27 September Herman Deru Dilantik Presiden Jokowi, Sumsel Punya Gubernur Baru

Menurut Alex, sejak dulu bangsa Persia sudah terkenal dengan orang-orang yang pandai, cerdas serta cendikiawan terkemuka. Atas dasar itulah dia meyakini kerjasama UIN RF dan UID akan berpengaruh besar pada pengembangan UIN RF di Sumsel ke depan.

"Sejak dulu zaman kemaharajaan Persia, negara ini menjadi salah satu pusat kemajuan tekonolgi dan budaya. Karena itu tepat sekali jika UIN melakukan kerjasama dengan mereka," jelas Alex.

Beberapa delegasi yang hadir tersebut di antaranya Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Teknologi UID Iran Mr DR. Hojatollah Ebrahimian dan Wakil Rektor Bidang Akademik UID Mr. Prof. Dr. Reza Saberi. Rombongan ini datang didampingi juga oleh Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Prof Dr. H.M.Sirozi.PH.D. serta Wakil Rektor I UIN RF Dr. Ismail Sukardi.

Baca: Alex Noerdin Sebagai Gubernur Tinggal Hitungan Hari, Dipaksa Mundur Karena Aturan Ini

Dalam kesempatan tersebut Alex juga sempat memutarkan video 3D pembangunan Masjid Raya Sriwijaya dan kampus UIN RF yang super megah di kawasan Jakabaring. Jika dalam dua tahun pembangunan tersebut selesai, dia yakin kampus UIN akan menjadi kampus terbaik di Indonesia. Adapun progres pembangunan kampus tersebut saat ini sudah pada tahap pembangunan menara.

" Kami bukan provinsi yang kaya dan besar tapi kami melakukan dengan perbuatan nyata bukan hanya ceramah dan retorika. Nah kita nrgara-negara Islam kalau mau berkembang harus begitu juga, harus bersatu," jelasnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Teknologi UID Iran Mr DR. Hojatollah Ebrahimian mengatakan sangat bangga dan merasa terhormat bisa diberikan kesempatan bertatap muka langsung dengan orang nomor satu di Sumsel.

"Suatu kehormatan sekali kami diterima dengan baik di sini. Bagi kami, nama Palembang sudah sangat familiar karena sudah beberapa kali melakukan kerjasama dengan UIN RF. Adapun maksud kedatangan kami adalah ingin meminta arahan mengenai kelanjutan hubungan kerjasama ini di masa mendatang," paparnya.

Lebih jauh Ebrahimian mengatajan Kota Palembang sangat penting bagi pihaknya, karena mereka tahu dalam sejarahnya Palembang adalah pusat Kerajaaan Pertama di Asia yang sangat besar pengaruhnya yakni Kerajaan sriwijaya. Selain itu sudah sejak lama pula masyarakat di Palembang kenal dengan bangsa Persia.

"Tak lupa saya mewakili teman-teman mengucapkan kesuksesan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games. Keramahtamahan warga diakui atlet Iran dan mereka mengaku sangat terkesan selama Asian Ganes," ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Prof Dr. H.M.Sirozi.PH.D mengatakan kedatangan delegasi UID Iran ini ke UIN Raden Fatah dalam rangka kerjasama di bidang akademik. Sebelumnya para Dekan dan dosen UIN sudah lebih dulu melakukan kunjungan ke UID Iran dengan menyambangi 4 kota besarnya.

"Sudah bebrapa kali kita MoU melakukan pertukaran profesor dan doktor. Mereka ini kerjasamanya di banyak kegiatan seperti seminar, kuliah umum hingga publikasi. Jadi ini adalah kunjungan balasan mereka," tutup Sirozi.

Editor: M. Syah Beni

Sebelum Tewas, Anak Korban Pembunuhan di Bekasi Tulis Surat: Mama Papa Maafin Kakak Sudah Buat Marah

Berita Populer