Kanal

Oknum Pegawai Kelurahan Gunung Ibul Prabumulih Diduga Lakukan Pungli

Ilustrasi pungli - Tribunnews

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Dugaan pungutan liar (Pungli) dilakukan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) inisial AA di Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur yang saat ini diselidiki jajaran Satreskrim Polres Prabumulih, menjadi perhatian serius DPRD Prabumulih.

Ketua DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo SE menyesalkan dugaan pungli terjadi di Kelurahan Gunung Ibul dilakukan oknum pegawai tersebut.

"Kita sangat sayangkan jika memang benar hal itu terjadi, karena tujuan program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap) atau dulu disebut Prona itu untuk membantu masyarakat agar mudah mendapat sertifikat gratis, kita sayangkan kalau masih ada oknum memungut biaya bahkan besar," ungkap Palo ketika diwawancarai wartawan, Senin (3/9/2018).

Menurut Palo, hendaknya kasus tersebut terlebih telah diselidiki pihak kepolisian itu menjadi contoh bagi aparatur sipil negara lainnya agar tidak main-main dan tidak melakukan pungli atau melanggar hukum dalam pengurusan pembuatan sertifikat tanah.

"Ini sudah ada laporan dan sedang disidik Polres, tentu ini harus ditindak secara hukum bahwa pungli itu sesuatu yang salah yang berdampak terhadap hukum atau dalam artian ada pidananya," katanya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menegaskan, pihaknya sebagai DPRD Prabumulih tidak akan intervensi dan berharap pemerintah daerah juga tidak akan intervensi dalam kasus dugaan pungli tersebut.

"Silahkan aparat penegak hukum menjalankannya sesuai aturan hukum berlaku, kalau memang salah ya hukum atau ditindak agar memberikan efek jera terhadap yang lain," tegasnya.

Disinggung terkait oknum diduga melakukan pungli merupakan ASN apakah perlu diperiksa Inspektorat, pria penghoby merawat bonsai ini menjelaskan jelas pemeriksaan dari inspektorat harus dilakukan secara bersamaan.

"Inspektorat semestinya bersamaan dengan APH melakukan pemeriksaan dan mengenai sanksi apa yang akan diberikan tentu diserahkan ke pimpinan dalam hal ini walikota dan sekda selaku pimpinan pemerintah kota Prabumulih, walaupun sekarang ini belum bisa diketahui yang bersangkutan salah atau tidak," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Edison
Editor: M. Syah Beni

Video Detik-detik Harimau Muncul di Pasar hingga Terjebak di Kolong Ruko, Memangsa Kambing dan Ayam

Berita Populer