Kanal

Korean Club Ekstrakurikuler Unik SMA Methodist 2 Palembang, Guru dan Aksesori Langsung dari Korsel

Siswa SMA Methodist 2 Palembang. Bertempat di Jalan Kolonel Atmo Ilir Timur 1 tergabung dalam Korean Club - Tribun Sumsel/ Shinta Dwi Anggraini

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Saat ini berbagai ekstrakulikuler unik banyak diadakan diberbagai sekolah untuk mengembangkan bakat serta minat dari siswanya.

Salah satunya di SMA Methodist 2 Palembang. Bertempat di Jalan Kolonel Atmo Ilir Timur 1, sekolah tersebut mengadakan ekstrakulikuler yang lain dari biasanya.

Sekolah ini punya Korean Club, atau kelas khusus yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan Korea Selatan (Korsel).

Baca: 2 Wakil Indonesia Lolos Final Kategori Park Skateboard Asian Games, Aksi Meliuknya Hibur Penonton

Baca: Voli Pantai Indonesia Raih Perunggu, Gilang Luapkan Kegembiraan dengan Lempar Baju ke Penonton

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 siswa dan diadakan setiap hari Sabtu, dengan jadwal selama 2 jam setiap kali pertemuan

Ruth Niari Spd MSi, Kepala sekolah SMA Methodist 2 mengatakan ekskul tersebut memang sengaja diadakan untuk mengarahkan minat dari siswanya ke arah yang positif.

Mengingat saat ini banyak anak muda yang menggemari segala hal yang menyangkut Korsel, mulai dari K-Pop, drama hingga kulinernya.

Baca: Kenang 17 Tahun Persahabatan, Pemain Film AADC Unggah Foto Jadul, Sosok Ini Dipertanyakan

Baca: Drama Terjadi di Final Ganda Putra Asian Games, 3 Kali Game Point, Marcus/Kevin Raih Emas

"Dengan adanya kegiatan itu, minat mereka agar lebih terarah, kita kasih pelajaran mulai dari bahasa, budaya, hingga kuliner, dan kalau ada kesempatan kita ikut sertakan dalam berbagai pentas acara," ujarnya pada Tribun, Selasa (28/8).

Lebih lanjut Ruth menjelaskan pihaknya tidak tanggung-tanggung dalam mengadakan ekstrakulikuler itu. Segala pernak pernik pendukung ekskul tersebut sengaja didatangkan dari Korsel.

Bahkan mentornya adalah volunteer asli Korsel yang memang bertugas untuk memperkenalkan kebudayaan negeri ginseng di Indonesia.

Baca: Asian Games 2018 Dongkrak Pengunjung Lippo Mall Jakabaring Hingga 3 Kali Lipat

Baca: Kevin/ Gideon Menangkan All Indonesia Final di Cabor Bulurangkis Asian Games 2018

"Mulai dari baju korea, aksesorisnya, kita pesan langsung dari Korea, bahkan mentornya juga orang Korsel asli, biar mereka tambah semangat, " ujarnya.

David An, mentor Korean Klub di SMA Methodist 2 mengatakan senang dapat berbagi informasi kebudayaan Korsel pada muridnya.

Namun ia mengatakan memiliki beberapa kesulitan tersendiri saat mengajar, khususnya dari segi bahasa.

Baca: Atlet Voli Pantai Gilang/ Danangsyah Puji Punya Ritual Unik Jelang Pertandingan Asian Games

Baca: Detik-detik Histerisnya Penonton, Bukan Karna Jonatan Christie Juara, Tapi Karna Buka Baju

"Kalau mereka pakai bahasa Indonesia saya bisa ngerti, tapi kan anak muda sekarang sering pakai bahasa gaul, jadi kadang saya agak sedikit susah," ungkapnya.

Ia mengatakan berharap dengan mengikuti ekskul Korean Club, siswanya dapat mengembangkan bakat dari minat mereka terhadap kesenian Korsel.

"Kita ajari mereka bahasa, seni dance, sampai kuliner Korea, dengan harapan mereka bisa memaksimalkan bakat terpendam mereka, entah dari seni atau bakat lain yang semoga akan dapat bermanfaat bagi mereka nanti," ujarnya.

Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Wawan Perdana

Inilah Sosok Ibu Angkat yang Tega Siksa dan Sekap 3 Anaknya Bersama Ular dan Anjing di Makassar

Berita Populer