Kanal

Dinas Kesehatan Sumsel Tetap Salurkan Vaksin MR Sampai Muncul Keputusan Menteri Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy saat di kantor Dinkes Provinsi Sumsel, Senin (30/7/2018). - Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menanggapi hasil pemeriksaan awal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), bahwa vaksin measles rubella (MR) ada unsur babi dan organ manusia maka Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menyatakan masih menunggu keputusan Menteri Kesehatan.

"Mengenai hasil vaksin MR yang menurut LPPOM mengandung unsur babi tersebut, maka kami masih menunggu keputusan dari Menteri Kesehatan. Nantinya kan MUI juga akan duduk bersama membahas soal ini. Jadi kita tunggu saja hasilnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy saat dikonfirmasi, Senin (20/8/2018).

Baca: Vaksin Measles Rubella Haram, MUI Beri Penjelasan Bagaimana Status Orang Terlanjur Imunisasi

Baca: Upaya 2 Pria Mura Tipu Polisi Terbongkar, Ngaku Dipukul Perampok Pakai Pistol Tapi Tanpa Bekas Luka

Sementara itu terkait pemberian vaksin MR, menurut Lesty vaksin MR tetap diberikan. Jadi selama masih menunggu keputusan dari Menkes pemberian vaksin MR tetap berjalan. Namun pemberiaanya sesuai dengan permintaan, artinya yang tidak mempermasalahkan soal kehalalan ini maka tetap akan diberikan.

"Jadi yang tidak mempermasalahkan tentang kehalalan vaksin MR tetap diberikan vaksin. Karena idealnya tenaga kesehatan siap melayani bagi yang membutuhkan," ungkapnya.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana

Pimpin Selawatan di Panggung, Wanita Ini Mendadak Pingsan lalu Meninggal Dunia

Berita Populer