Kanal

KRI Dewaruci di Pelabuhan Boom Baru Jadi Tempat Guru dan Siswa di Palembang Belajar Sejarah

Ramainya warga yang datang untuk melihat secara langsung KRI Dewaruci yang kini berlabuh di Pelabuhan Boom Baru, Sabtu (18/8/2018). - Tribun Sumsel/ Shinta Dwi Anggraini

TRIBUNSUMSEL.COM- PALEMBANG-Setelah berlabuh di Pelabuhan Boom Baru Palembang Kamis (16/8/2018), kini Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci resmi dibuka untuk umum secara gratis.

Kedatangan KRI Dewaruci ke Palembang disambut antusias oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari ramainya warga yang datang untuk melihat secara langsung kapal bersejarah yang kini berlabuh di Pelabuhan Boom Baru, Sabtu (18/8/2018).

Baca: Tinggal di London, El Rumi Ungkap Fakta Ini Soal Ahmad Dhani, Bandingkan Dengan Maia Estianty

Hembusan angin serta ramainya kapal lain yang melintas membelah sungai Musi, seakan menambah suasana khas yang menjadi daya tarik dari kapal yang telah memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut sejak tahun 1953 tersebut.

Terik matahari yang bersinar terang, tak menyurutkan semangat dari warga untuk mengelilingi setiap jengkal bagian kapal sembari mengabadikan kesempatan tersebut dengan berfoto.

Baca: Panjat Tiang Bendera, Johny Gala Diajak Bertemu Presiden & Nonton Opening Ceremony Asian Games 2018

Banyak juga masyarakat yang membeli cindera mata seperti topi, pena, baju, hingga gantungan kunci khas Kapal Dewaruci yang dijual di atas kapal mulai dari harga 10 ribu hingga 75 ribu Rupiah.

"Saya dengar kalau kapal Dewaruci datang ke Palembang, karena ini kan kapal bersejarah, jadi sengaja saya ajak keluarga kesini, sekaligus mengisi liburan disini," ujar Melisa, salah satu pengunjung yang datang ke KRI Dewaruci.

Selain masyarakat, hal ini turut dimanfaatkan oleh sekolah untuk menambah pelajaran bagi siswanya.

Baca: Jakabaring Sport City (JSC) Hari Ini Dibuka untuk Umum Gratis, Berikut Ini Panduan Tempat Parkirnya

Seperti yang diungkapkan Leni Farlina, guru SMA N 6 Palembang yang sengaja datang bersama siswanya untuk melihat secara langsung kapal bersejarah tersebut.

"sengaja kami ajak siswa kami kesini, biar menambah wawasan mereka tentang kapal Dewaruci karena mereka bisa belajar dengan melihat secara langsung kapal yang menjadi salah satu sejarah di Indonesia," jelasnya.

Baca: Dikira Bukan WNI Karena Berkarier di Hollywood, Sang Ibunda Jelaskan Kewarganegaraan Cinta Laura

Sementara itu, Letnan Kolonel Pelaut Waluyo, selaku komandan kapal mengungkapkan, kedatangan KRI Dewaruci ke Bumi Sriwijaya adalah sebagai bagian dalam peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Selain itu, ia menambahkan kedatangan KRI Dewaruci ke kota Palembang sebagai bagian dalam mensukseskan dan memeriahkan Asian Games 2018.

"Sebelum ke Palembang kita sudah melakukan rangkaian kegiatan Asian Games torch relay di Makassar pada tanggal 29 Juli 2018 dan sekarang kita di Palembang mulai dari tanggal 16 hingga 19 Agustus 2018, karena kita akan kembali lagi ke Jakarta," ungkapnya.

Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Wawan Perdana

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer