Kanal

KPU OKU Tunggu Surat Pemberhentian 5 Anggota DPRD OKU Loncat Partai Sampai 20 September

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten OKU, Ferlan Yuliasyah ID Murod memanggil komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Pemanggilan ini, terkait meminta penjelasan mengenai aturan mengenai adanya anggota dewan OKU yang mencalegkan diri kembali dengan cara loncat partai. - Tribun Sumsel/ Retno Wirawijaya

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA-Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten OKU, Ferlan Yuliasyah ID Murod memanggil Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pemanggilan ini, terkait meminta penjelasan mengenai aturan mengenai adanya anggota dewan OKU yang maju pencalonan legislatif kembali dengan cara loncat partai.

Tiga komisioner KPU OKU menghadiri panggilan tersebut. Yakni Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, Devisi Program dan Data, Erwin Suharja dan Devisi SDM dan Parmas Yudi Risandi.

Baca: Kisah Soeharto Diramal Jadi Presiden, Ibu Tien Tak Menyangka hingga Pak Harto Risau

Hadir juga mendampingi Sekretaris DPRD OKU, A karim, Kabag Kabag Hukum dan Persidangan, Alfarizi. Pertemuan itu dilaksanakan di ruang Wakil Ketua DPRD OKU, Rabu (15/8/2018).

Saat di konfirmasi usai pertemuan Wakil Ketua DPRD OKU, Ferlan Yuliasyah ID Murod membenarkan jika pihaknya memanggil pihak KPU OKU.

Tujuan meminta petunjuk dan kejelasan bagaimana aturan terkait adanya anggota DPRD yang mencalonkan diri dari partai lain.

Baca: Polisi Pasang Ratusan CCTV Ciptakan Keamanan Asian Games Palembang, 291 di Jalan, 41 di Venue

"Dan tadi sudah ketemu sudah dijelaskan oleh pihak KPU, aturan yang harus dilaksanakan," kata Ferlan.

Ia menjelaskan, saat ini sudah ada lima orang anggota DPRD OKU yang mengajukan surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri ini diajukan untuk memenuhi syarat pencalonan anggota DPRD OKU ke KPU.

Dimana anggota DPRD OKU yang mencalonkan diri dari partai lain harus mengundurkan diri.

"Surat pengunduran diri sudah masuk ke sekretariat DPRD OKU. Ini akan kami tindak lanjuti sesuai prosedur dan aturan berlaku," jelasnya.

Baca: Polres Banyuasin Blender dan Bakar Narkoba Senilai Rp 3,1 Miliar

Sementara itu Ketua KPU OKU, Naning Wijaya menjelaskan, pertemuan dengan unsur pimpinan DPRD OKU merupakan koordinasi terkait adanya lima anggota DPRD OKU yang mencalonkan diri kembali dari partai lain.

"Sudah kita sampaikan mekanisme dan aturan KPU terkait pencalonan ini pada pertemuan tadi. Hasil pertemuan tadi DPRD OKU akan melaksanakan sesuai tupoksinya. Dan KPU akan melaksanakan sesuai tupoksi KPU," katanya.

Naning menjelaskan, Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD OKU, sudah diumumkan.

Baca: Opening Ceremony Asian Games di Palembang Bertema Pesta Kebun, Undangan Terbatas 4000 Orang

Selanjutnya, sebelum KPU mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) yang bersangkutan anggota dewan yang mencalonkan diri kembali dengan cara pindah ke partai lain, juga harus melampirkan surat pengunduran diri atau surat pemberhentian sebagai anggota dprd. Atau surat proses PAW.

"Hal ini kami tunggu sampai tanggal 20 September. Sebab 21 September kita akan mengumumkan DCT. Ada lima orang anggota DPRD yang mencalonkan diri kembali melalui partai lain,” jelasnya.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Wawan Perdana

Inilah Sosok Ibu Angkat yang Tega Siksa dan Sekap 3 Anaknya Bersama Ular dan Anjing di Makassar

Berita Populer