Kanal

Perlunya Pap Smear dan Palpasi Payudara karena Kanker Serviks Bunuh 20 Perempuan Setiap Hari

Lab Pramita Palembang memberikan edukasi kesehatan wanita di kalangan generasi milenial di SMA N 10 Palembang, Selasa (14/8/2018) - Tribun Sumsel/ Shinta Dwi Anggraini

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG-Lab Pramita Palembang memberikan edukasi kesehatan wanita di kalangan generasi milenial di SMA N 10 Palembang, Selasa (14/8/2018).

Diikuti oleh sekitar 360 siswi perempuan dari kelas 12, penyuluhan tersebut disampaikan oleh Dr Riana Afriani Setyawati. Ada dua tema yaitu kanker Serviks dan kanker Payudara.

"Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran bagi generasi milenial tentang pentingnya pemeriksaan sejak dini kanker serviks dan kanker payudara, serta diharapkan informasi yang mereka dapatkan dari kegiatan ini bisa tersampaikan pada orang-orang disekitar mereka seperti di rumah yaitu pada ibu atau saudara perempuannya yang lain," ujarnya.

Baca: Pelanggan di Lubuklinggau 2 Bulan Tidak Dialiri Air PDAM, Sekda Minta Masyarakat Sabar

Ia mengatakan kegiatan ini adalah salah satu sumbangsih dari Lab Pramita dalam meyukseskan program pemerintah, utamanya program BPJS Kesehatan untuk pemeriksaan dini Pap Smear dan periksa payudara sejak dini.

"Pramita saat ini bekerjasama dengan BPJS, memberikan pemeriksaan Pap Smear dan Palpasi Payudara Gratis, cukup hanya dengan menunjukan foto copy kartu BPJS, Askes, KIS, serta KTP sudah dapat melakukan pemeriksaan gratis, dan tentunya dengan beberapa ketentuan lainnya, " ujarnya.

Baca: Pusat Perbelanjaan di Palembang Ini Berikan Diskon Besar Bagi Turis dan Official Asian Games 2018

Masih kata Dr Riana, Perlu diketahui Pap Smear salah satu pemeriksaan untuk mengetahui kanker serviks sejak dini, dan saat ini menurut data 20 orang perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena kanker serviks.

Rohima, Waka Humas SMA N 10 menyambut positif kegiatan ini.

"Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat bagus sekali, karena pemahaman sejak dini mengenai kanker serviks dan payudara memang sudah harus dikenalkan sejak dini, dan semoga dengan adanya kegiatan ini akan dapat menambah edukasi bagi para siswi kami," ujarnya.

Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Wawan Perdana

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer