Kanal

Dana Desa Tahap III Cair September di Baturaja

dana desa baturaja -

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA - Kepala Dinas (Kadis), Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Achmad Firdaus menjelaskan, tahun 2018 ini dana desa sebesar Rp 118 miliar.

Dana ini untuk dikucurkan kepada 143 desa yang ada di bumi sebimbing sekundang.

Baca: Gegara Partai Emak-emak, Istri Sandiaga Titip Pesan Agar Suaminya Dikawal

Baca: Aliqqa Kayyisa Atlet Termuda Asal Indonesia Berdarah Komering Sumatera Selatan

“Realisasinya untuk pencairan tahap I (satu) sebesar 20 persen sudah dicairkan. Tahap dua sebesar 40 persenya, juga sudah dicairkan beberapa minggu lalu,” jelas Firdaus saat dibincangi wartawan belum lama ini.

Sementara kata Firdaus untuk pencairan dana desa tahap terakhir atau tahap III (tiga), sebesar 40 persen sisanya dijadwalkan pada bulan September 2018 mendatang. Pastinya untuk mencairkan dana desa tahap tiga ini, pihak pemerintah desa harus memenuhi syarat dan aturan berlaku.

Satu diantaranya, harus melaporkan realisasi penggunaan dana tahap I dan tahap II sebesar 75 persen. Selain itu juga melaporkan pencapaian realisasi pisik 50 persen lebih.

Kalau syarat itu belum terpenuhi kata Firdaus maka dana desa tahap III tidak bisa dicairkan.

Baca: Presiden PKS ke-3, Tifatul Buka Polling Untuk Pemilih Jokowi, Hasilnya Banyak Pilih Prabowo-Sandiaga

Sementara saat ditanya jika tahun 2018 ini dana desa untuk 143 desa di OKU sebesar Rp 118 miliar, apakah akan ada kenaikan untuk dana desa tahun 2019, Firdaus belum bisa memastikan. Yang jelas kata dia jika dilihat dari tahun sebelumnya realisasi dana desa kerap terjadi kenaikan.

“Contohnya pada tahun 2017 ke tahun 2018 dana desa mengalami kenaikan sebesar Rp 6 miliar. Jika melihat tahun sebelumnya, kemungkinan naiknya dana desa pada tahun 2019 ini ada,” katanya.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Siemen Martin

Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi yang Dilakukan Haris Simamora

Berita Populer