Kanal

PALI Gelar Kompetisi Catur Terbesar di Sumsel Tahun Ini, Diikuti Master Nasional dan Internasional

Bupati PALI yang diwakili kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Penukal Abab Ilir (PALI) Drs Darmawi membuka turnamen catur PALI, Selasa (7/8/2018) - Tribun Sumsel/ Ari Wibowo

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ariwibowo

TRIBUNSUMSEL.COM,PALI-Gelaran kompetisi catur terbesar di provinsi Sumatera Selatan dibuka Selasa (7/8/2018), di Gedung Orkes Komplek Pertamina Pendopo.

Pembukaan dilakukan Bupati PALI yang diwakili kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Penukal Abab Ilir (PALI) Drs Darmawi dan disaksikan sejumlah kepala OPD dan FKPD di lingkungan Pemkab PALI.

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten PALI selaku pelaksana kegiatan menyebutkan bahwa kompetisi tersebut memerebutkan hadiah uang pembinaan yang mencapai Rp 84 juta.

Baca: Perjuangan Anak Tukang Sol Sepatu di Bawah Jembatan Ampera Lulus Tes Polisi, Sempat 2 Kali Gagal

Pesertanya diikuti beberapa kelas mulai dari tingkat pelajar SD, SMP, SMA hingga Umum.

Pjs Ketua Umum Percasi Kabupaten PALI, Hendrik A Halim mengatakan, bahwa kompetisi ini merupakan yang kedua kalinya digelar pihaknya, hanya saja skala kompetisi ini lebih besar yakni tingkat provinsi dari sebelumnya yang hanya tingkat kabupaten.

"Pesertanya sendiri yang telah melakukan pendaftaran sebanyak 250 peserta. 130 peserta dari dalam PALI dan 120 peserta berasal dari kabupaten kota lain, dan juga Provinsi Lampung," kata Hendrik. Selasa(7/8/2018)

Dia mengatakan bahwa dari ratusan peserta tersebut 10 diantaranya ialah master catur tingkat nasional dan internasional, yang bakal beradu strategi.

Baca: Tersisa 1 Armada Badan Layanan Penyediaan Air Minum Musirawas Layani 5 Desa Krisis Air

"Dengan program swiss tujuh babak, dan akan ditetukan dengan cara pairings," katanya.

Sementara, Kepala Dispora PALI Drs Darmawi mengatakan bahwa kompetisi ini digelar sekaligus untuk mencari bibit-bibit atlet daerah.

"Kompetisi ini sekaligus untuk kita mencari bibit atlet, karena yang mengikutinya mulai dari tingkat SD. Sesuai arahan pak Bupati yang menginginkan melalui olahraga, salah satu upaya mengenalkan Kabupaten PALI," kata Darmawi.

Penulis: Ari Wibowo
Editor: Wawan Perdana

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer