Kanal

Ini Penjelasan Operator Liga 1 Soal Posisi Persija di Klasemen yang Dinilai Aneh

Pertandingan Liga 1 Persija Jakarta vs Bhayangkara FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/2018). - Tribunnews/Jepri MA

TRIBUNSUMSEL.COM - Ini Penjelasan Operator Liga 1 Soal Posisi Persija di Klasemen yang Dinilai Aneh

Usai bermain imbang dengan Arema FC pada Minggu (5/8/2018), Persija bertengger di peringkat keempat klasemen sementara Liga 1 2018.

 Klub berjuluk Macan Kemayoran itu berada di peringkat keempat setelah meraih 29 poin alias sama dengan Bali United, Barito Putera, dan Bhayangkara FC.

Posisi Persija yang disusun operator Liga 1 2018, PT Liga Indonesia Baru (LIB), ini sempat menimbulkan perdebatan.

Hal ini tak lain karena ketentuan di Pasal 9 Ayat (4) Regulasi Liga 1 2018.

Dalam regulasi itu disebut bahwa penentuan peringkat klasemen ditentukan lebih dulu oleh poin yang dikumpulkan masing-masing kontestan.

Apabila terdapat 2 klub atau lebih memiliki jumlah poin sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan head to head, selisih gol, jumlah gol memasukkan, lalu undian di antara tim yang punya poin sama.

Hal ini yang membuat publik merasa PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi melakukan kesalahan dalam pemeringkatan keempat klub di atas.

Persija dianggap semestinya berada di peringkat keenam karena kalah saat menghadapi Bali United dan Barito Putera.

"Peringkat tim yang punya nilai serupa memang pertama-tama ditentukan oleh head-to-head, tapi dengan syarat utama bahwa semua tim terkait harus punya jumlah gim yang sama (equal/saling bertemu)."

Halaman
123
Editor: Kharisma Tri Saputra
Sumber: SuperBall.id

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer