Kanal

Alpian Janji 3 Tahun Lagi Warga Pagaralam Tidak Alami Musim Paceklik Kopi

Calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih Alpian Maskoni dan Muhammad Fadli saat menerima surat penetapan calon terpilih dari KPU Kota Pagaralam, Kamis (26/7/2018) - Sripo/ Wawan Septiawan

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM - Kota Pagaralam merupakan kabupaten/Kota di Sumatera Selatan yang memiliki musim pacakelik atau musim dimana hasil panen Kopi sudah berakhir. Biasanya musim paceklik ini akan terjadi mulai pada akhir tahun sampai awal tahun berikutnya.

Kondisi inilah membuat pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota terpilih Alpian Maskoni dan Muhammad Fadli menjadikan program unggulannya yaitu mangatasi musim paceklik di Pagaralam.

Walikota terpilih, Alpian Maskoni mengatakan, musim paceklik tersebut tidak akan bisa di atasi di tahun pertama dan tahun kedua massa jebatannya.

Baca: 31 Juli, MK Ambil Keterangan dan Bukti Dari Lawan Dodi-Giri

Masyarakat Pagaralam katanya, baru akan merasakan dampak dari program pengentasan musim paceklik pada tahun ketiga.

"Untuk mengatasi musim paceklik ini kita mempunyai program unggulkan yaitu pembagian 2 juta bibit stek kopi kepada seluruh petani di Kota Pagaralam. Pasalnya dengan sistem stek, tanaman kopi bisa terus dipanen sepajang tahun tanpa harus menunggu satu tahun sekali," ujarnya.

Namun, setelah dilakukan penyetekan pohon kopi baru bisa kembali berbuah ditahun ketiga setelah penyetekan. Untuk itu ditahun ketiga massa kerja paslon ini, masyarakat baru bisa merasakan sedikit dampak dari program pemberantasa musim paceklik tersebut.

Baca: PKS Merapat ke Jokowi, Hidayat : 2019 Ganti Presiden

"Ditahun ketiga kopi sudah mulai berbuah dan bisa dipanen sepanjang tahun. Jadi tidaka akan ada lagi musim paceklik jika setiap bulan petani bisa melakukan panen," katanya.

Dirinya mengaku sampai saat ini belum mengetahui berapa jumlah pohon kopi yang ada di Pagaralam. Jadi setelah dilantik dirinya akan langsung meminta dinas terkait untuk melakukan pendataan ulang jumlah pohon kopi di Pagaralam.(sp/wawan septiawan)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer