Kanal

Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Unsri Gelar Drama Karya Harriet Beecher Stowe

Mahasiswa Bersama idan Ibu Rita -

TRIBUNSUMSEL.COM-26 April 2018, Gedung Teater GABI Universitas Sriwijaya Indralaya yang berkapasitas kurang lebih 350 orang penuh sesak oleh mahasiswa Unsri, siswa SMA/MTS seputar kampus Unsri, dua gadis Amerika yang memang berniat menyaksikan pementasan drama.

Kamis itu, para mahasiswa semester 2 program Magister Bahasa Pascasarjana BKU Pendidikan bahasa Inggris mempersembahkan sebuah drama berjudul Uncle Tom's Cabin, atau Gubuk Paman Tom sebagai bentuk apresiasi mahasiswa terhadap sastra.

Sebanyak 23 mahasiswa berperan dalam pementasan drama tersebut.

Drama ini dipentaskan dengan tujuan untuk membangun kesadaran muda-mudi terhadap literatur dan guna literatur terhadap masyarakat.

Uncle Tom's Cabin adalah sebuah novel yang ditulis oleh Harriet Beecher Stowe pada tahun 1852. Novel ini bercerita tentang perbudakan dan rasisme di Amerika sekitar abad 18.

Karakter utama ini adalah Paman Tom, yang merupakan seorang budak yang baik hati dan relijius yang beberapa kali berganti majikan hingga akhir hayatnya oleh majikan terakhirnya, Simon Legree.

Novel ini menyinggung tentang permasalahan bagaimana perbudakan di zaman itu sangat tidak manusiawi dan para majikan bisa berlaku sekehendak mereka.

Selain itu masalah rasisme juga mewarnai cerita novel ini. 23 orang mahasiswa program pascasarjana pendidikan bahasa Inggris Universitas Sriwijaya berhasil menyulap novel ini menjadi sebuah drama yang mudah dipahami dan dinikmati oleh para generasi muda.

Pementasan drama ini telah memikat para generasi muda sebagai penonton untuk merasakan bagaimana kondisi di zaman tersebut dan mempelajari moral-moral yang disampaikan karakter dari cerita Uncle Tom's Cabin.

Lahir nya novel Uncle Tom's Cabin ini menjadi tonggak bersejarah dihapusnya perbudakan (abolisi) di Amerika.

Sementara itu dalam sambutannya, Kaprodi S2 Bahasa tersebut mengucapkan terima kasih kepada Prof. Anis Saggaf selaku Rektor Unsri dan Prof. Sofendi (Dekan FKIP) yang telah memberi izin pementasan, personil teater GABI yg sangat membantu proses pementasan, serta Sanggar Dulmuluk Kampus pimpinan Prof. Nurhayati yg telah memfasilitasi pemakaian lighting.

 (Dr Rita Indrawati M Pd/Kaprodi Magister Pendidikan Bahasa Universitas Sriwijaya)

Galeri Foto:

Ibu Margaretha Dinar Sitinjak (kiri) dan Ibu Rita Indrawat (kanan) ()Penampilan (Rel)Penampilan (Rel)Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris bersama Ibu Rita dan Ibu Dinar (Rel)Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris bersama Ibu Rita dan Ibu Dinar (Rel)

Editor: Muhamad Edward

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer