Kanal

Merangkai Mimpi, Toreh Cita Seribu Anak Bangsa dari Anak-anak Sumatera Selatan

WUJUDKAN CITA-CITA -- Sejumlah siswa dari SMAN Tanjungbatu memperlihatkan peta mimpi yang mereka rancang untuk jangka pendek dan jangka panjang mereka, saat kegiatan Massive Action yang digelar alumni LPDP, beberapa waktu lalu. - istimewa

TRIBUNSUMSEL.COM -- Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan kegiatan akbar bertajuk Massive Action secara serentak di 26 provinsi seluruh Indonesia, beberapa waktu lalu.

Kegiatan bertema “Toreh Cita Seribu Anak Bangsa” ini dilaksanakan di 190 sekolah menengah atas, dengan total 1.000 alumni penerima beasiswa LPDP yang siap terjun menyapa para siswa.

Sekitar 27 ribu siswa-siswi SMA menjadi peserta Massive Action 2018 ini. Adapun 26 provinsi yang dikunjungi para alumni LPDP antara lain Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Jambi, Lampung dan kota lain di Jawa, Kalimantan, Sulawesi dll.

Dalam Massive Action, seribu alumni yang baru saja menyelesaikan studi di dalam dan luar negeri itu bakal menginspirasi sehingga para siswa berani bermimpi setinggi-tingginya. “Alumni-alumni akan berbagi cerita tentang perjuangan mereka menggapai mimpi dan membantu siswa-siswi SMA dalam merencanakan impian mereka,” ujar Ketua Acara Massive Action, Surya Asra.

Di Sumsel, sedikitnya lima alumni LPDP bersama 25 volunteer dari mahasiswa Unsri dan UIN Raden Fatah, menggelar kegiatan tersebut di dua sekolah yakni SMAN 1 Klekar Gelumbang Muaraenim dan SMAN Tanjungbatu Ogan Ilir.

Siswa antusias mengikuti kegiatan, bahkan siswa dari sekolah lain ikut serta, sseperti dari SMA Nurul Yaqin, SMA Bakti Suci Jaya. Bukan sekadar bercerita di depan kelas, para alumni LPDP mendorong adik-adik SMA agar membuat “Seribu Peta Mimpi” yang berisikan rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang mereka.

“Harapannya, kelak peta itu menjadi pengingat mereka untuk bertekad kuat mewujudkan mimpi, yakni meneruskan sampai pendidikan tinggi,” kata ketua Pelaksana Massive daerah Sumatera Selatan, Randi SSos.

Di Sumsel sendiri ada lima alumni penerima beasiswa LPDP dan berkewajiban membagikan ilmunya kepada adik-adik. Kegiatan Massive Action melibatkan Mata Garuda sebagai wadah alumni penerima beasiswa LPDP agar bersinergi mengabdi kepada Indonesia. Kerja sama yang solid antara Mata Garuda Pusat dan Mata Garuda Daerah menjadi wujud solidaritas dalam mensukseskan Massive Action 2018 ini.

Selain Massive Action, ada pula kegiatan pengabdian masyarakat dari para alumni LPDP berupaTargeted Action. Targeted Action ialah proyek jangka panjang yang dirancang dan diselesaikan oleh alumni dalam kurun waktu satu tahun. “Targeted Action ini tujuannya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan masyarakat dari berbagai pelosok di Indonesia,” demikian Surya.(Rel/lis)

Editor: Lisma

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer