Kanal

Bangsa Besar adalah Bangsa Suprarasional

Buku best seller Cara Berpikir Suprarasional karya Raden Ridwan Hasan Saputra - TRIBUNSUMSEL.COM

Oleh : Asep Sapa’at
Penikmat Cara Berpikir Suprarasional

Resensi Buku
Judul : Cara Berpikir Suprarasional
Penulis : Raden Ridwan Hasan Saputra
Penerbit : PT Pustaka Abdi Bangsa) Jakarta
Cetakan : Pertama, April 2017

Tebal : X + 178 halaman

ISBN : 978-602-08226-6-2

TRIBUNSUMSEL.COM -- Kualitas cara berpikir bisa menentukan kualitas kehidupan suatu masyarakat di suatu bangsa. Baik kualitas cara berpikirnya, baik pula kualitas hidupnya.

Sebaliknya, rusaknya nalar dan cara berpikir bisa memengaruhi terjadinya kerusakan dalam kehidupan. Ada empat cara berpikir manusia, yaitu cara berpikir natural, rasional, supranatural, dan suprarasional (hlm. 6).

Berdasarkan pengalaman nyata yang dialami penulis buku, cara berpikir suprarasional berpotensi membuat seseorang menjadi orang besar. Hal ini pun berlaku bagi suau bangsa yang bercita-cita menjadi bangsa yang besar.

Cara berpikir suprarasional adalah cara berpikir orang rasional yang dipakai ketika menghadapi masalah yang sangat sulit bahkan tidak bisa diselesaikan dengan cara berpikir rasional. Saat kebuntuan dihadapi, orang suprarasional meminta pertolongan kepada Allah Swt., Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini.

Dulu, bangsa Indonesia adalah bangsa yang menikmati hasil dari cara berpikir suprarasional. Secara rasional, bangsa Indonesia tidak mungkin bisa mengalahkan penjajah yang memiliki kekuatan persenjataan canggih. Namun, keyakinan para pejuang kemerdekaan kepada Allah Swt., Tuhan Yang Maha Kuasa menjadi modal utama dalam nafas perjuangan bangsa di masa perjuangan kemerdekaan.

Semua elemen bangsa bersatu padu dan bahu-membahu mengorbankan jiwa dan raga mereka tanpa pamrih. Semua demi satu tujuan: kemerdekaan Indonesia. Akhirnya, wujud adanya peran Allah Swt dalam kemerdekaan bangsa Indonesia secara tersurat dituangkan dalam pembukaan UUD 1945, “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa...” (hlm. 12).

Halaman
123
Editor: Lisma

Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi yang Dilakukan Haris Simamora

Berita Populer