Siapa Haji Uma? Profil Haji Uma dari Aceh yang Suaranya Melebihi Capres Jokowi-Amin di Aceh

Perolehan suara Calon Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman yang terkenal dengan nama Haji Uma, dalam Pemilu 2019 memang mencengangkan banyak pihak.

Siapa Haji Uma? Profil Haji Uma dari Aceh yang Suaranya Melebihi Capres Jokowi-Amin di Aceh
SERAMBI
Haji Uma (Kanan) dan Stafnya M Daud. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Perolehan suara Calon Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman yang terkenal dengan nama Haji Uma, dalam Pemilu 2019 memang mencengangkan banyak pihak.

Bertarung dengan 25 calon lainnya, Haji Uma meraup hampir separuh dari jumlah suara pemilih yang diperebutkan dalam Pemilu 2019.

 

Hasil Pleno KIP Aceh, Minggu (13/5/2019), menunjukkan Haji Uma meraup sebanyak 960.033 suara atau 38,4 persen dari 2.495.832 suara sah untuk calon DPD RI.

Besarnya perolehan suara Haji Uma ini membuat beberapa media online daerah maupun nasional membanding-bandingkan dengan perolehan suara pasangan Capres-Cawapres 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, dalam Pilpres 2019 di Aceh.

Bahkan ada media yang menulis judul perolehan suara Haji Uma ini dua kali lipat dari perolehan suara Jokowi-Ma’ruf Amin di Aceh.

Hasil Pleno KIP Aceh memperlihatkan perolehan suara Capres-Cawapres nomor urut 01 di Aceh hanya 404.118 suara atau 14,4 persen dari 2.804.934 suara sah Pilpres 2019 di Aceh.

Menanggapi perolehan suaranya yang melimpah ini, Haji Uma enggan takabur.

“Alhamdulillah, ini semua kehendak Allah. Saya hanya bisa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh atas hasil yang tak pernah kami duga ini,” ungkap Haji Uma menjawab Serambinews.com, Rabu (15/5/2019).

 

Ditanya tanggapannya terhadap pemberitaan yang membanding-bandingkan perolehan suara dirinya dengan hasil yang diperoleh Jokowi-Ma’ruf, Haji Uma mengatakan, sebenarnya tidak sepadan membandingkan perolehan suara dirinya dengan perolehan suara pasangan capres, karena berbeda tingkatan dan beda peta pertarungan.

“Saya ini hanya calon perwakilan daerah, tidak pantas dibandingkan dengan capres. Tapi itu hak masyarakat (untuk membanding-bandingkan perolehan suara dalam Pemilu),” ungkap Haji Uma.

Halaman
123
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved