Inilah Daftar 30 Pengawas Pemilu di Sumsel yang Jatuh Sakit, 1 Meninggal Dunia

Pergelaran pemilu serentak 2019, bukan hanya menelan belasan korban jiwa meninggal dunia di tingkat Kelompok Panitia Pemungutan Suara

Inilah Daftar 30 Pengawas Pemilu di Sumsel yang Jatuh Sakit, 1 Meninggal Dunia
ARIF BASUKI ROHEKAN/TRIBUNSUMSEL.COM
Bawaslu Yenli. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pergelaran pemilu serentak 2019, bukan hanya menelan belasan korban jiwa meninggal dunia di tingkat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Sumsel, namun juga para pengawas pemilu yang mengawasi pesta demokrasi di Sumsel tersebut.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel, Divisi SDM Yenli Elmanoferi mengungkapkan ada puluhan pengawas pemilu di Sumsel yang jatuh sakit selama pelaksanaan pemilu 2019. Dari puluhan tersebut, satu orang tercatat meninggal dunia.

Dimana, petugas Panwascam di Kecamatan Tungkal Jaya Muba atas nama Januari Saputra, dinyatakan meninggal dunia meski sempat dirawat di rumah sakit di Kabupaten Muba.

"Iya kecapeaan karena pengawas diporsir dituntut melakukan pengawasan dan sempat droop dan dilarikan ke RS Sekayu, namun Allah berkehendak lain dan dinyatakan meninggal dunia," ungkapnya, Jumat (26/4/2019).

Pihaknya dikatakan Yenli belum bisa memutuskan, apakah akan ada pergantian anggota Panwascam tersebut, mengingat pengawasan rekap harus tetap dilakukan.

"Kita akan lihat volume pekerjaannya nanti, dan akan dievaluasi apa perlu dilalukan PAW atau tidak," tambahnya.

Yenli menerangkan, selain kelelahan bekerja ada juga pengawas yang mengalami keelakaan selama bekerja, salah satunya petugas KPPS di Muara Enim yang putus jari tangan karena kecelakaan pada 18 April lalu.

"Himbauan kita, kalau ada waktu istirahat, istirahatlah. Selain itu, pengawasan bisa dilakukan begilir," tuturnya.

30 Pengawas pemilu di Sumsel sakit. 1 Meninggal Dunia

1 Kec. Sukarami Muzakir Staff Sekretatiat Panwaslu, Sakit di opname di Rumah Sakit Charitas.

2 Kec. Sukarami Fredi Saputra PTPS 86, Sakit di Opname di RS Bhayangkara

Halaman
1234
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved