Berita Palembang

Tahun ajaran 2019/2020 Semua SMP Negeri dan Swasta Harus Menggunakan Kurikulum K-13

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Tahun ini SMP negeri dan swasta di Kota Palembang masih menerapkan dua muatan model kurikulum

Tahun ajaran 2019/2020 Semua SMP Negeri dan Swasta Harus Menggunakan Kurikulum K-13
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Palembang, Herman Wijaya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Tahun ini SMP negeri dan swasta di Kota Palembang masih menerapkan dua muatan model kurikulum, yakni Kurikulum 2013 (K-13) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 secara bersamaan.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Herman Wijaya mengatakan, pemberlakuan K -13 harus ditunjang dengan sarana prasarana dalam proses pembelajaran, standar pendidikan, standar biaya dan penilaian dalam proses pelaksanaan K-13.

“Guru harus siap dengan K-13, kenapa guru paling utama? karena mereka di garda terdepan dalam melaksanakan K-13."

"Selama satu semester akan mendapat pendampingan, kalau sekolah sudah melaksanakan K-13 pasti sudah dilatih,” katanya, Jumat (19/4/2019).

Pendampingan dilakukan selama satu semester pada sekolah tersebut saat awal melaksanakan K-13.

Libur Panjang, Tiket Kereta Api Kertapati-Tanjung Karang Lampung Sampai 21 April 2019 Ludes Terjual

Kronologi Meninggal Dalam Tugas Brigjen Pol Syaiful Zachri, Kelelahan Saat Mendaki di Pulau Kelor

Kurikulum sebagai pedoman dalam proses pendidikan, tentu menjadi acuan utama dalam bekerja, khususnya bagi seorang guru di dalam kelas.

Sebelum menerapkan K-13 para guru tentu didampingi dan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dan diharapkan para guru ini untuk memahami dam mempelajari K-13 sebelum menerapkannya di dalam kelas.

"Kurikulum ini disempurnakan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan mengejar ketertinggalan dengan negara yang sudah maju," ujarnya.

Adapun target dari implementasi Kurikulum 2013 yang pertama adalah perubahan pendidikan karakter yang terintegrasi di sekolah, baik intrakurikuler, ekstrakurikuler, maupun kokurikuler.

Gubernur Herman Deru Titip Nama Baik Sumsel di Mata Dunia Internasional

Kutipan dan Kata Kata Bijak RA Kartini Tentang Wanita, Perjuangan, dan Pendidikan, (Bisa Dishare)

”Tahun ini sekolah masih menggunakan kurikulum KTSP (Kurikulum 2006) untuk siswa/i kelas IX itu pun hanya sisanya saja sedangkan siswa/i kelas VII dan VIII sudah menggunakan kurikum K-13,"

"Tahun ajaran 2019/2020 semua sekolah khususnya SMP dan swasta siap 100 persen semuanya harus menggunakan kurikulum K-13," tutupnya.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved