Pemilu 2019

Salah Cetak Surat Suara Dapil 2 DPRD Banyuasin, 445 TPS Laksanakan Pemilu Susulan 27 April

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sejumlah 445 TPS di 4 Kecamatan Kabupaten Banyuasin paling lambat 28 April 2019 bakal menggelar Pemilu Susulan

Salah Cetak Surat Suara Dapil 2 DPRD Banyuasin, 445 TPS Laksanakan Pemilu Susulan 27 April
Tribun Sumsel/ Arif Basuki Rohekan
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sejumlah 445 TPS di 4 Kecamatan Kabupaten Banyuasin paling lambat 28 April 2019 bakal menggelar Pemilu Susulan.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Kamis (18/4/2019) mengatakan, Pemilu susulan ini dilaksanakan di daerah pemilihan (Dapil) 2 DPRD Kabupaten Banyuasin.

Dapil 2 meliputi kecamatan Soak Tape, Betung, Pulau Rimau dan Tungkal Ilir.

"Rencananya 27 April akan digelar pemilu susulan dan paling lambat 28 April," ungkap Kelly usai menggelar rapat dengan KPU Kabupaten Banyuasin, Bawaslu Banyuasin, KPU Palembang, Bawaslu Palembang, dan Bawaslu Sumsel.

Pengalaman Pertama Bruno Casimir Ikut Pemilu di Indonesia, Ini Perbedaannya dengan Kamerun

Dukung Jokowi 2 Periode, Ini 5 Prestasi Via Vallen Selama Jokowi Menjabat Sebagai Presiden

Pemilu susulan ini dilaksanakan karena ada 110.000 surat suara caleg Kabupaten Banyuasin Dapil II yang salah cetak di empat kecamatan.

Kesalahan dalam pencetakan surat suara itu pun diakui Kelly baru diketahui saat pencoblosan berlangsung.

Menurut Kelly yang juga komisioner divisi Keuangan, umum dan logistik, soal kepastian kapan pelaksanaan pemilu susulan ini masih menunggu proses keperluan yang tengah diurus di KPU RI.

"Kita sudah kirim hal ini ke KPU RI. Jadi ini masih diurus karena menyangkut kebutuhan Surat Suara, anggarannya. Karena ini cukup banyak ada 445 TPS," kata Alumni Fisip Unsri ini.

Banyak Masalah di TPS, Tim Prabowo Mengaku Sangat Dirugikan dan Minta KPU Sumsel Beri Penjelasan

Blackberry Messenger (BBM) Berhenti Beroperasi Pada 31 Mei 2019, Broadcast Time To Say Goodbye

Sementara untuk permasalahan yang ada di Kota Palembang, Kelly mengatakan, masih menunggu KPU Palembang yang masih rapat koordinasi dengan PPK dan Bawaslu Kota.

"Kalau selesai koordinasi, nantinya akan buat surat keputusan untuk lapor ke KPU RI. Yang pasti untuk Palembang ini sudah dikaji hukum dan prosedur untuk melakukan pemilu lanjutan."

"Ada 2 KPPS yang mengajukan ke PPS. Kemudian ke PPK, lalu ke KPU Kota. Syarat pemungutan ulang jenisnya pemungutan lanjutan. Karena kejadiannya pemungutan dihentikan ketika surat suara Pilpres habis, pemilih tidak mau nyoblos."

"Sementara di tempat lain masih ada yang masih mau nyoblos. Mereka yang berhenti ini harus ada pemilu lanjutan untuk orang yang belum memilih," jelas Kelly.

Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi Ceritakan Suasana Pilpres di Solo, Warga Antusias Seperti Lebaran

4 Cara Download Video Youtube di Smartphone Tanpa Aplikasi Tambahan

Kejadian ini ada di Kecamatan IT 2 Kelurahan Lawang Kidul ada 1 TPS dan Kelurahan 2 Ilir ada 1 TPS.

"Pemilu lanjutan ini belum ditetapkan karena harus ada rekomendasi Bawaslu. Masih menginventarisir mana yang harus diulang," pungkasnya. (SP/ Abdul Hafiz)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved