Pemilu 2019

Tidak Punya Form A5, Keluarga Pasien di RS Charitas Palembang Kecewa Tidak Bisa Memilih

Rajin Sembiring yang merupakan keluarga pasien di RSK Charitas Palembang mengaku kecewa lantaran tak dapat mendapatkan hak suaranya di Pemilu 2019.

Tidak Punya Form A5, Keluarga Pasien di RS Charitas Palembang Kecewa Tidak Bisa Memilih
Tribun Sumsel/ Lusi Faradila
Panita di TPS 15 kelurahan Sei Pangeran saat memberikan penjelasan terhadap keluarga pasien yang tidak memiliki formulir A5 Rabu (17/4/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG- Rajin Sembiring yang merupakan keluarga pasien di RSK Charitas Palembang mengaku kecewa lantaran tak dapat mendapatkan hak suaranya di Pemilu 2019.

Datang ke TPS 15 Kelurahan Sei Pangeran di RS RK Charitas, Rajin membawa surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih dari desa asalnya Sambusari dan KTP.

Hanya saja Rajin Sembiring tidak bisa melakukan pencoblosan.

"Saya ini keluarga pasien disini, dapat surat ini dari dusun semalam namun pas sampai disini saya gak bisa lakukan pencoblosan disini malah gak bisa," katanya (17/4/2019).

Hapit Ibrahim Antre 10 Menit di TPS, Berharap Presiden Terpilih Perhatikan Sepakbola Indonesia

TPS 42 di Silaberanti Becek dan Berlumpur, Warga Tetap Semangat Menyalurkan Hak Suara

Dikatakanya ia sudah datang di TPS Sejak pagi hari namun di tolak petugas karena tidak memiliki formulir A5 dari KPU.

"Katanya gak bisa digunakan surat ini harus pakai formulir A5 dulu baru bisa ya saya fikir bisa pakai ini saja," ujarnya.

Senada dengan Rajin Sembiring, Novrizal yang juga merupakan keuarga pasien RS RK Charitas asal Banyuasin mengaku kecewa lantaran tidak dapar memberikan hak suaranya.

"Saya datang ke sini mau nyoblos tapi dari panitia minta formulir A5 dan saya tidak punya jadi saya gak bisa nyoblos. Masa saya harus balik ke rumah kalau mau nyoblos, gimana kalau yang dari luar kota," ujarnya.

Masih dengan Novrizal, sebelumnya tidak ada pemberitahuan yang ia terima baik dari petugas rumah sakit maupun KPU.

"Kalau gak bisa digunakan hak pilih harusnya bisa disiarain setidaknya di berikan pengunguman atau sosialisasi diberitahukan kalau ada kendala. Kalau seperti ini gak ada pengumuman resmi, jadi susah kami," ungkapnya.

Banyak Tak Lolos Persyaratan, Hanya Setengah Warga Binaan Lapas Wanita Palembang Punya Hak Suara

Tampil Kompak, Petugas KPPS di TPS 006 Pakri Kompak Pakai Jumputan

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 015 Sai Pangeran RS RK Charitas, Alfian mengatakan, bagi warga diluar kelurahan Sei Pangeran diminta untuk menyertakan formulir A5 untuk dapat melakukan mencoblosan di TPS 15

"Kita mencoba memberikan penjelasan kepada keluarga pasien karena ini bukan tempat pemilihan khusus jadi peserta yang bukan dari daerah sini memang harus menyertakan formulir A5 dulu untuk memenuhi persyaratan," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk masalah sosialisai sudah dilakukan, namun keterbatasan waktu dalam pengurusan formulir tersebut.

"Sebenarnya informasi dari KPU sudah diberikan namun kepengurusan formulir A5 ini hanya sampai 10 april lalu, atau H-7 pemilu 2019, mungkin karena itu, masih banyak masyarakat yang memiliki formulir tersebut," jelasnya.

Penulis: Lusi Faradila
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved