PPS Tanah Mas Banyuasin Tak Mau Disalahkan: Keterlambatan Bukan Salah Kami, Tapi dari PPK dan KPU

Ini bukan lambat dari kami tapi dari atas (PPK dan KPU), Logistik baru tiba di PPK pukul 06.40 kemudian mungkin ada proses sortir disana

PPS Tanah Mas Banyuasin Tak Mau Disalahkan: Keterlambatan Bukan Salah Kami, Tapi dari PPK dan KPU
YOHANES TRI NUGROHO
Ketua PPS Tanahmas Banyuasin Joko. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Yohanes Tri Nugroho

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa, Joko mengungkapkan keterlambatan distribusi logistik di wil‎ayahnya disebabkan mundurnya distribusi dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

"Ini bukan lambat dari kami tapi dari atas (PPK dan KPU), Logistik baru tiba di PPK pukul 06.40 kemudian mungkin ada proses sortir disana. Dan baru tiba di sekretariat kami pukul ‎09.40 WIB," ungkap Joko.

Ia mengaku kemudian berinisiatif meminta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menjemput logistik ke sekretariat PPS agar distribusi berlangsung lebih cepat.

Diakuinya distribusi dari PPS ke KPPS dilakukan menggunakan kendaraan pribadi milik KPPS dan bak terbuka namun tetap dikawal ‎oleh anggota kepolisian.

"‎Untuk waktu pencoblosan diundur. Yakni enam jam sejak logistik pemilu dibuka di TPS, ini informasi sementara yang bisa saya sampaikan," katanya

Saat ini Tribunsumsel.com masih meminta klarifikasi dari KPU Banyuasin dan PPK atas keterlamabatan ini.

Bahkan sampai pukul 11.00 masih ada TPS yang belum mulai mencoblos.

Sebelumnya

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) wilayah kelurahan Tanah Mas berduyun duyun mendatangi kantor Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Mereka mempertanyakan keterlambatan logistik pemilu yang hingga pukul 10.00 WIB belum tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Kami terus ditanya masyarakat, kapan pencoblosan dimulai. Jadi kami langsung kesini untuk mencari tahu," ungkap seorang anggota KPPS yang berada dalam kerumunan

Pantauan Tribun, Logistik Pemilu berupa Kotak Suara, Bilik Suara dan beragam perlengkapan lainnya terlihat menumpuk di Kantor Sekretariat PPS Kelurahan Tanah Mas.

Para Petugas KPPS pun ramai mengambil logistik sesuai dengan TPS masing masing.

‎Pendistribusian dilakukan dengan menggunakan mobil bak terbuka dan mobil pribadi dan dikawal oleh anggota Polisi dan TNI.

Penulis: Yohanes Tri Nugroho
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved