Pemilu 2019

Banyak Logistik Telat, KPU : Semua Pemilih Mendaftar Sebelum Pukul 13.00 Tetap Dilayani Mencoblos

Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Talang Kelapa dan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin belum menerima logistik Pemilu khususnya surat

Banyak Logistik Telat, KPU : Semua Pemilih Mendaftar Sebelum Pukul 13.00 Tetap Dilayani Mencoblos
TRIBUNSUMSEL.COM/YOHANES TRI NUGROHO
Aktivitas pemungutan suara di TPS 41 Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa hingga pukul 09.00 WIB belum dimulai karena logistik belum diterima, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Talang Kelapa dan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin belum menerima logistik Pemilu khususnya surat dan kota suara.

Seperti di Tanah Mas, logistik baru tiba di TPS sekitar pukul 10.30. Itu juga setelah dilakukan jumput bola ke PPS.

Komisioner KPU Sumsel Hepriyadi membenarkan, ada beberapa TPS belum ada surat suara dan kotak suara di sejumlah TPS tersebut, dan saat ini dalam pengiriman.

"Sekarang masih dalam proses pengiriman," kata komisioner KPU Sumsel Hepriyadi, Rabu (17/4/2019).

Disinggung berapa banyak TPS yang mengalami keterlambatan logistik tersebut, Hepriyadi belum bisa memastikannya dan akan didata.

Warga Sekayu Heboh Temukan 4 Surat Suara Pilpres Sudah Tercoblos, KPU Muba : Surat Suara Rusak

Ditambahkannya, untuk keterlambatan tersebut proses pemilihan tersebut tetap dilakukan seperti biasa dan tidak akan ada tambahan waktu.

"Jadi, seluruh pemilih mengisi daftar hadir dulu sebelum pukul 13.00 wib. Sehingga nantinya meski waktu proses pemungutan lewat pukul 13.00 wib, akan dilanjutkan hingga semua pemilih dapat menggunakan hak pilihnya," tegasnya.

TPS Tanah Mas

Aktivitas pemungutan suara di TPS 41 Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa hingga pukul 09.00 WIB belum dimulai.

Penundaan itu disebabkan karena belum adanya logistik dari PPK padahal sejumlah petugas KPPS serta petugas lainnya telah hadir di TPS termasuk sejumlah calon pemilih.

"Penundaan ini bukan dari kami, semua petugas TPS telah stanby sejak pukul 06.00 WIB, tapi logistik yang tidak kunjung datang," ungkap Ketua KPPS 41 Kelurahan Tanah Mas, Asnawi

Ia mengaku sejumlah calon pemilih pun telah hadir dan hendak mencoblos namun karena tak ada logistik maka mereka kembali pulang.

Gubernur Herman Deru Berharap Partisipasi Pemilih di Sumsel 80 Persen

Menurutnya, kejadian ini bukan hanya terjadi di TPS 41 namun juga menimpa di sejumlah TPS lain yang berada di lingkup wilayah kecamatan Talang Kelapa.

"Kami masih menunggu, kalau informasi dari PPK kami diminta menunggu. Tapi belum jelas menunggu sampai kapan," jelasnya

Pantauan Tribunsumsel.com, para petugas KPPS nampak hanya berkumpul di kawasan TPS menanti logistik pemilu yang disebut akan segera datang.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved