Berita Palembang

Matematika Jadi Asyik dengan Bantuan Alat Peraga, Lihat Pamerannya di UIN Raden Fatah Palembang

Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang menggelar pameran dan persentasi media atau alat peraga Matematika

Matematika Jadi Asyik dengan Bantuan Alat Peraga, Lihat Pamerannya di UIN Raden Fatah Palembang
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Hafifah dan Fenty sedang menjelaskan kepada pengunjung yang hadir cara bermain tangram pada pameran alat peraga matematika di UIN Raden Fatah Palembang, Selasa (16/4/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang menggelar pameran dan persentasi media atau alat peraga Matematika dengan tema Fun With Math di Academic Center (AC) UIN Raden Fatah.

Di pameran ini sebanyak 94 alat peraga dipamerkan dan dipersentasikan oleh mahasiswa semester 4 dan 6 dari program studi pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang.

Alat peraga Matematika atau media pengajaran ini terlihat menarik dan dibikin sendiri oleh mahasiswa yang mengikuti pameran ini.

Dari 94 alat peraga, satu alat peraga yang dibuat oleh kelompok Hafifah dan Fenty menarik beberapa pengunjung.

Kelompok ini membuat Tangram, alat peraga ini merupakan permainan menyusun balok magnet.

"Jadi Tangram ini kak merupakan permainan matematika untuk mengasah kreatifitas siswa. Sebenarnya ada 3 manfaat dari permainan Tangram ini," kata Hafifah kepada Tribunsumsel.com, Selasa (16/4/2019).

Melihat Persiapan Pencobloasan di Bekas Lokalisasi Prostitusi Teratai Putih Kampung Baru Palembang

Dia menambahkan, Tangrama ini berguna untuk mengetahui bentuk bangun datar, mengetahui kekongruenan dan kesebangunan, untuk mengasah kreatifitas siswa agar mereka lebih paham secara asik kalau Matematika ini sangat mudah dimengerti.

"Selama pembuatan alat peraga ini kami menghabiskan uang Rp200 ribu, sebenarnya kami sekelas itu patungan dan dari hasil patungan itu dibagikan perkelompok, kalau kurang nambah dari uang pribadi. 1 alat peraga itu ada dua mahasiswa yang buat,' katanya.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang, Hartatiana menambahkan pameran ini sudha masuk tahun ketiga dan juga dilombakan.

Pangdam II Sriwijaya : Prajurit Diharapkan Bisa Beri Kesejukan dan Ketentraman Bagi Masyarakat

"Dipilih alat peraga yang terbaik untuk tingkat SD-SMA, tujuan kami selain untuk mengedukasi masyarakat tentunya juga untuk mengapresiasi karya mahasiswa kami," jelasnya.

Dia juga berharap dengan adanya pameran akat peraga Matematika ini pengunjung yang hadir terutama guru dan siswa bisa lebih mengerti lagi bahwa Matematika itu sebenarnya asyik untuk dipelajari.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved