Pemilu 2019

KPU Palembang Malam Ini Musnahkan Kelebihan 1.094 Surat Suara Pilpres Pemilu 2019

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sebanyak 18.638 lembar surat suara pemilu serentak 2019, Selasa (16/4/2019) malam, dimusnahkan KPU Palembang

KPU Palembang Malam Ini Musnahkan Kelebihan 1.094 Surat Suara Pilpres Pemilu 2019
Tribun Sumsel/ Retno Wirawijaya
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ulu (OKU) memusnahkan surat suara rusak dan surat suara yang lebih di halaman kantor KPU OKU, Selasa (16/4/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sebanyak 18.638 lembar surat suara pemilu serentak 2019, Selasa (16/4/2019) malam, dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang.

Pemusnahan yang dilaksanakan di halaman Sekretariat KPU Palembang disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Palembang.

Menurut Ketua KPU Kota Palembang Eftiyani, pemusnahan surat suara tersebut, karena rusak atau tak layak pakai, maupun surat suara lebih.

Surat suara yang dimusnahkan itu, berasal dari pemilihan legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat kota/provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta presiden dan wakil presiden RI.

Diungkapkan Eftiyani, setelah melakukan pelipatan dan penyortiran oleh pihak ketiga, didapati 16.525 lembar surat suara yang lebih, dan 2.113 lembar yang rusak.

Sehingga kelebihan surat suara totalnya 18.638 lembar.

Sejumlah Kotak Suara di Pagaralam Rusak Oleh Air Hujan, PPS Inisiatif Menjemurnya

"Sesuai dengan aturan maka kelebihan surat suara ini harus dimusnahkan dengan cara dibakar," katanya.

Terkait pemusnahakan yang dilakukan malam hari, Eftiyani bilang, sesuai dengan ketentuan undang-undang, yang mensyaratkan pemusnahan kelebihan surat suara maupun yang rusak harus dilaksanakan satu hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara atau sebelum pukul 00.00 WIB.

"Ini bukan pelanggaran dan kami memang memilih malam hari. Jadi pelaksanaanya lebih santai dan tidak buru-buru," tandasnya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan pemusnahan surat suara ini juga turut disaksikan oleh Bawaslu dan aparat kepolisian. Sehingga kegiatan yang dilakukan kali ini tetap sesuai dengan aturan.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved