Berita Palembang

SMP Negeri 13 Palembang Ramah Siswa Inklusi, 4 Anak Berkebutuhan Khusus Ikut USBN

Walau terhalang oleh fisik tetapi siswa inklusi semangat untuk belajar dan mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat SMP

SMP Negeri 13 Palembang Ramah Siswa Inklusi, 4 Anak Berkebutuhan Khusus Ikut USBN
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Kepala SMP Negeri 13 Palembang, Sabaruddin sedang mengawasi siswanya (yang berkebutuhan khusus) saat ujian sekolah, Senin (15/4/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Walau terhalang oleh fisik tetapi semangat untuk belajar dan mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk tingkat SMP terlihat dari beberapa siswa inklusi.

Siswa inklusi ini mengikuti USBN di SMP Negeri 13 Palembang yang beralamat di Jalan Gubah No 1, 29 Ilir, Senin (15/4/2019).

Siswa inklusi atau siswa difabel (anak berkebutuhan khusus) duduk bersama temannya dan mengerjakan soal seperti biasa.

Walau harus menggunakan kursi roda saat mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tak membuatnya minder.

Kepala SMPN 13 Palembang, Sabaruddin mengatakan kepada Tribunsumsel.com saat ditemui, sekolah yang dia pimpin ini merupakan sekolah pilot project sebagai sekolah inklusi atau sekolah yang ramah bagi siswa berkebutuhan khusus.

Driver Online Palembang Ini Cemas Mencari Istrinya, Shara Melinda Sudah 2 Hari Tak Pulang

Hendri Zainuddin Bantah Kontrak Striker Tri Handoko, Sebut Pemain Hebat Dunia dan Akhirat  

"Untuk siswa kelas IX yang berkebutuhan khusus ini ada 4 orang anak, semuanya belajar dan ujian di tempat yang sama dengan teman-temannya yang lain, tidak ada perlakuan beda antara yang berkebutuhan khusus dengan siswa lainnya," katanya, Senin (15/4/2019).

Dia juga mengatakan untuk jenis soal ujian atau nanti pada saat ujian nasional tidak ada perbedaan dengan siswa lainnya.

"Jenis soal ujiannya sama aja dengan siswa yang lain, penilaian kepada mereka (siswa berkebutuhan khusus) tidak ada perbedaan juga," ujarnya.

"Begitu pula dengan waktu pengerjaan saat ujian juga tidak ada perbedaan, yang membuat mereka berbeda kan hanya mereka tidak seperti temannya yang lain tapi kami tidak ingin itu dirasakan oleh mereka yang berkebutuhan khusus," katanya.

Money Politik di Lubuklinggau, Caleg Ini Mengaku Minta Foto Copy KTP Supaya Uang tidak Doubel

Garuda Indonesia Bandrol Tiket Mulai Rp 1,1 Juta Rute Palembang-Jakarta Pada 17 April 2019

Sementara itu, USBN ini masih menggunakan paper atau lembar kerja jawaban (LJK), model soal ada pilihan ganda dan essai.

Halaman
12
Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved