Seminggu Dibuka, Tak Ada yang Daftar Lelang Sekda Kota Prabumulih

hingga saat ini masih zonk alias belum ada satupun pejabat di lingkungan Pemkot Prabumulih mendaftar

Seminggu Dibuka, Tak Ada yang Daftar Lelang Sekda Kota Prabumulih
Tribun Sumsel/ Edison
Walikota Prabumulih Ridho Yahya 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Setelah sepekan membuka dan mengumumkan lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), namun hingga saat ini masih zonk alias belum ada satupun pejabat di lingkungan Pemkot Prabumulih mendaftar ke Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Prabumulih untuk memperebutkan jabatan tersebut.

Sementara berdasarkan informasi beredar di lapangan, belum adanya pejabat yang tertarik mendaftar jabatan tertinggi di Aparatur Sipil Negara (ASN) itu lantaran ada di persyaratan harus mendapat rekomendasi pimpinan dalam hal ini walikota.

"Sampai sekarang belum ada pejabat yang mendaftar, tidak tahu mengapa banyak yang tidak minat, apa mungkin karena tidak ada restu walikota," ungkap satu diantara pegawai BKPSDM ketika dibincangi wartawan, Senin (15/4/2019).

Sementara Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menanggapi permasalahan itu mengatakan pejabat belum ada yang mendaftar kemungkinan belum lengkap berkas saja. "Mungkin belum saja, karena jabatan Sekda merupakan jabatan yang lebih akurat, penting dan urgent," kata Ridho ketika dibincangi.

Ditanya terkait ada satu point persyaratan mendaftar calon Sekda harus ada persetujuan pimpinan dan apakah ada yang direkomendasikan, Ridho mengatakan sejauh ini dirinya belum ada merekomendasikan pejabat namun jika memang ada yang meminta persetujuan maka akan disetujui semuanya.

"Jika memang ada yang mau minta persetujuan saya, saya siap mau 5, 6 pejabat akan saya ACC semua. Saya tak ada masalah dan siap 24 jam melayani pejabat yang ingin meminta persetujuan," tegasnya.

Suami Hj Suryanti Ngesti Rahayu itu meminta para pejabat yang akan mendaftar lelang sekda dan membutuhkan rekomendasi dirinya maka dipersilahkan membawa berkas lengkap menghadap untuk langsung di tanda tangani.
"Boleh semualah, namanya lelang mencari terbaik, mau 10, 15 pejabat akan saya teken semua, bawa berkasnya menghadap saya," pintanya.

Lebih lanjut Ridho mengaku, jika jabatan sekda tidak mudah seperti yang dibayangkan bahkan banyak yang mengatakan jabatan 'lokak duit' padahal tidak demikian. "Banyak bepikir jabatan sekda itu lokak duit padahal idak do, sekarang zaman KPK dan harus bekerja dengan baik dan benar," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala BKPSDM Pemkot Prabumulih, Benny Rizal menyebutkan pendaftaran lelang jabatan Sekda kota Prabumulih yakni mulai 8-21 April mendatang.

Adapun beberapa ketentuan pokok yang perlu dimiliki peserta lelang yang akan mendaftar antara lain berstatus PNS di Pemkot Prabumulih dan Kabupaten kota di Sumatera Selatan, mendapat persetujuan pejabat pembina kepegawaian, memiliki pangkat dan golongan ruan serendah-rendahnya pembina utama muda (IV/c), pernah atau sedang menduduki jabatan eselon IIb sekurang-kurangnya selama 2 tahun secara kumulatif.

Selain itu harus memiliki sertifikat minimal Diklatpim tingkat III, berusia setingginya 56 tahun dan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan atau tingkat berat serta tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan PP 30/1980 maupun PP 53/2010.

"Bagi yang mendaftar, berkas nya bisa dikirim dengan tujuan kantor BKPSDM kota Prabumulih, lelang ini dilakukan secara terbuka," sambung Beny.

Selain persyaratan tersebut, kata dia. Juga ada persyaratan lain harus dipenuhi sesuai pengumuman yang dimuat di media serta di website Pemerintah kota Prabumulih. "Peserta yang melamar juga harus membuat makalah dengan topik tupoksi jabatan yang akan dilamar dan visi misi pemerintah kota Prabumulih, nantinya akan diundi panitia sesuai nomor urut pendaftar," tambahnya. (eds)

Penulis: Edison
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved