Berita Muara Enim

Bupati Muara Enim Ahmad Yani Lakukan Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019

Bupati Muara Enim, Ir. H. Ahmad Yani, MM menghadiri acara Simulasi Pemungutan Suara Pemilihan Umum 2019 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabup

Bupati Muara Enim Ahmad Yani Lakukan Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019
Tribunsumsel.com
Di Halaman Hotel Griya Serasan Sekundang. Bupati Muara Enim, Ir. H. Ahmad Yani, MM menghadiri acara Simulasi Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muara Enim, Senin (15/04). 

TRIBUNSUMSEL.COM - Bupati Muara Enim, Ir. H. Ahmad Yani, MM menghadiri acara Simulasi Pemungutan Suara Pemilihan Umum 2019 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muara Enim, Senin (15/04).

Acara berlangsung di Halaman Hotel Griya Serasan Sekundang

Tujuannya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang hal-hal teknis dalam menggunakan hak suara serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam Pemilu tahun 2019.

Dalam sambutannya, Bupati Ahmad Yani menyampaikan perlunya penyelenggaraan yang profesional.

“Pemilu kali ini berbeda dengan pemilu tahun 2014, pemilu serentak dengan lima jenis surat suara tentunya memerlukan penyelenggaraan yang handal dan mumpuni. KPPS wajib memahami tata cara pemungutan suara dan perhitungan suara sesuai dengan peraturan perundang-undangan”. Ujarnya

Selain menyoroti KPPS, Ahmad Yani juga mengingatkan saksi, pengawas TPS dan pemantau untuk tidak mempengaruhi dan mengintimidasi pemilih dalam menentukan pilihannya serta menggunakan seragam/atribut lain yang mencitrakan, mendukung atau menolak peserta pemilu.

Diakhir sambutannya Ahmad Yani menyampaikan harapan-harapannya.

“Harapan saya, Baik KPPS, Saksi Pengawas TPS dan Pemantau untuk bekerja dengan profesional sesuai dengan peraturan perundang-undangan”. Tambahnya

Dikesempatan yang sama, Ketua KPU Muara Enim Ahyaudin, SE menyampaikan harapannya mengenai pemilu di Kabupaten Muara Enim.

“Kita berharap segala yang kita lakukan selama ini seperti Bimbingan Teknis, Rapat Anggota serta Sosialisasi pada tahun 2018 sampai 2019 akan mendapatkan hasil yang maksimal yaitu partisipasi masyarakat dalam pemilu mencapai 80%”. Ujarnya

Acara simulasi tersebut dirancang dengan adanya satu buah TPS dan dengan pemilih yang dari berbagai macam latar belakang seperti pemilih pindahan, pemilih disabilitas dan yang lainnya.

Tak lupa, Bupati, Forkopimda serta Kepala Perangkat Daerah Muara Enim turut melakukan simulasi pemungutan suara yang dimulai dari mendaftar, mencoblos, memasukan surat suara ke kotak suara hingga mencelupkan jari ke tinta secara simbolis.

Bersamaan dengan itu hadir pula Kapolres Muara Enim, Dandim 0404 Muara Enim, Ketua Kejaksaan Negeri Muara Enim, Sekretaris Daerah Muara Enim, Kepala Perangkat Daerah Muara Enim, PPK, KPPS, Media Masa serta tamu undangan lainnya.

Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved