Pemilu 2019

Banyak Guru Panitia di TPS, Ini Penjelasan Diknas Palembang Tentang Kegiatan Belajar Siswa

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Proses belajar siswa SD, SMP dan SMA sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilu 2019 tidak diliburkan atau berlaku fakultatif

Banyak Guru Panitia di TPS, Ini Penjelasan Diknas Palembang Tentang Kegiatan Belajar Siswa
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Palembang, Herman Wijaya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Proses belajar siswa SD, SMP dan SMA sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilu 2019 tidak diliburkan atau berlaku fakultatif. Disesuaikan dengan kebijakan masing-masing sekolah.

"Kalau pas pelaksanaannya pada Rabu (17/4/2019) itu memang libur nasional tetapi pada saat sebelum pelaksanaan Pemilu, Selasa (16/4/2019) dan setelah Pemilu Kamis (18/4/2019) proses belajar mengajar tidak diliburkan namun fakultatif," kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Palembang, Herman Wijaya kepada Tribunsumsel.com, Senin (15/4/2019).

Dia juga mengatakan kebijakan ini berdasarkan surat edaran dari Presiden bahwa pada pelaksanaann Pemilu 2019 merupakan libur nasional.

Tetapi Dinas Pendidikan Palembang punya kebijakan untuk memfakultatifkan sekolah sehari dan sesudah pelaksanaan Pemilu.

Warga Manfaatkan Bekas Alat Peraga Kampanye, Bendera Jadi Sarung Bantal dan Kayu Bikin Meja

"Sebelum Pemilu itu kan diketahui banyak guru-guru yang menjadi panitia atau terlibat di TPS tempat dia tinggal, pas hari H apalagi dan setelah pelaksanaan Pemilu juga begitu," katanya.

Herman menambahkan, tetap belajar seperti biasa namun fakultatif.

Siswa SMP masuk kembali pada Senin (22/4/2019) untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo mengatakan, pada 17 April mendatang, siswa diliburkan karena merupakan hari libur nasional.

"Ya kalau Pemilu itu kan hari libur nasional, dipastikan untuk proses belajar mengajar libur," katanya singkat.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved