Berita Lubuklinggau

Kepergok Bawa Uang 10 Juta, Hr Diduga Bakal Lakukan Money Politic, Untuk Coblos Salah Satu Calon

Hr ditangkap warga dan dilaporkan ke Pasnwalu setempat karena diduga tertangkap tangan akan melakukan money politic, Sabtu (13/4/2019) kemarin sekira

Kepergok Bawa Uang 10 Juta, Hr Diduga Bakal Lakukan Money Politic, Untuk Coblos Salah Satu Calon
Tribun Kaltim
Ilustrasi Money Politic 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU -- Warga Jalan Kelapa Gading, RT 03, Kelurahan Tanjung Indah, Kecamatan Lubuklinggau Barat I dibuat geger oleh ulah seorang warganya beriinisial HR (35).

Hr ditangkap warga dan dilaporkan ke Pasnwalu setempat karena diduga tertangkap tangan akan melakukan money politic, Sabtu (13/4/2019) kemarin sekira pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan informasi dihimpun kejadian bermula saat FI seorang saksi mata melihat Hr memasuki rumah warga membawa bungkusan kantong plastik warna hitam.

FI menduga Hr akan membagi- bagikan uang untuk mencoblos salah satu calon.

Dibantu warga lainnya FI langsung merebut kantong plastik dari Hr.

Sempat terjadi dorong dorongan antara keduanya, kantong plastik pun berhasil direbut FI dari tangan Hr, kemdian Hr langsung melarikan diri.

Setelah berhasil diamankan kantong plastik milik Hr tersebut langsung dibawa FI bersama warga ke salah satu posko pemenangan Caleg di wilayah Lubuklinggau Barat I.

Dari hasil kantong plastik warna hitam tersebut, setelah dibuka berisi lima amplop putih yang berisikan uang Rp. 1,7 juta, Rp 1,190 juta, Rp. 1,020, Rp 1,190, Rp 2,280 juta dan Rp 2,720 juta dengan total seluruhnya Rp. 10,20 juta.

Dalam amplop tersebut juga terdapat nama- nama warga beserta Nomor Induk Keluarga (NIK), contoh surat suara calon anggota DPRD Kota Lubuklinggau dari Parpol dengan Nomor urut 1.

Kemudian kartu nama calon DPRD Kota Lubuklinggau Dapil I nomor urut 1 beriinisial R, kemudian kertas Putih yang bertuliskan nama- nama warga Kelurahan Tanjung indah berseta satu buah rekap jumlah uang keseluruhan.

Anggota Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau, Bahusi kepada wartawan membenarkan, ada warga melapor ke Panwaslu Lubuklinggau Barat dengan dugaan money politik salah satu caleg dari partai politik.

"Informasinya sekira pukul 15.00 WI Panwascam Lubuklinggau Barat I kemarin telah menerima laporan, kemudian laporan itu dilimpahkan ke kita," papar Bahusi, Minggu (14/4).

Setelah pihaknya menerima laporan dan sekarang sedang melakukan proses dan kajian, bila memenuhi unsur akan segera diproses ke Gakumdu.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved