Berita Lubuklinggau

Penggangguran di Lubuklinggau 2.000 Orang, Disnaker Menyarankan Buat Kelompok dan Kerja Mandiri

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Angka pengangguran di Kota Lubuklinggau berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat terus bertambah

Penggangguran di Lubuklinggau 2.000 Orang, Disnaker Menyarankan Buat Kelompok dan Kerja Mandiri
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Lubuklinggau Purnomo 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Angka pengangguran di Kota Lubuklinggau berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota setempat terus bertambah.

Terhitung dari bulan Januari sampai dengan bulan April saat ini, angka penggangguran berdasarkan kartu KI jumlahnya mencapai 2000 orang.

Kadisnakertras Kota Lubuklinggau, Purnomo mengatakan, penggangguran itu didominasi tamatan SMA/SMK, sedangkan sarjana hanya sedikit.

"Yang mendominasi lulusan SLTA. Sementara lulusan sarjana sangat minim sekali," ungkap Purnomo saat dibincangi Tribunsumsel.com, Rabu (10/4/2019).

Gasnet Hadir di Palembang, Sediakan Layanan Internet Berkualitas dan Stabil Meski Pengguna Bertambah

Saat Menantu Rosmah Mansor Buka Rahasia Tentang Cinta yang Ditentang, Sisi Lain Istri Najib Razak

Untuk mengurangi jumlah pengangguran ini. Pihaknya sudah melakukan penanggulan, dengan cara mengirim empat kelompok lulusan SLTA ke Bandung dan Bekasi untuk mengikuti pelatihan kerja.

"Kurang lebih jumlahnya ada 60 orang, pelatihan di Bekasi ada otomotif, sedangkan yang di Bandung pelatihan manufaktur dan manufaktur otomotif," terangnya.

Namun, sejauh ini pelatihan-pelatihan yang diberikan belum mampu mengurangi pengangguran secara signifikan. Karena jumlah lapangan kerja di Kota Lubuklinggau terbatas.

"Kita mengakui banyaknya pelatihan yang kita berikan kepada lulusan SLTA menciptakan penggangguran yang terididik. Sekarang kita bersama kementerian sedang mencarikan solusinya," kata Purnomo.

6 Syarat Utama Donor Darah, Tidur Minimal 5-6 Jam Sehari

Penjelasan KPU Bagaimana Suara Caleg Meninggal Dunia, di Sumsel Ada 6 Caleg

Bahkan, kemarin pihaknya baru menerima 12 orang lulusan SMK yang telah diberikan pelatihan.

Untuk sementara Disnaker menyarankan supaya membentuk kelompok dan bekerja secara mandiri.

"Nanti kita upayakan untuk mencarikan bantuan alat-alat untuk usaha sementara, karena dalam waktu dekat akan ada pembukaan perusahaan Plywood yang akan menampung 500 orang pekerja," paparnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved